Samsung Camera NX300 Desain Klasik, tapi…

3 comments 4129 views

Antara memilih DSLR atau Mirrorless ?

saat mau membeli kamera pastilah cari-cari refrensi kamera yang baik dan cocok sesuai keinginan kita, yang cocok dan sesuai idaman kita juga tidak mudah saat di padukan antara budget dan keinginan, kadang pengen yang lebih bagus tapi tidak sesuai dengan budget , kadang sudah sesuai budget tapi masih pengen yang lebih bagus lagi, yahh wajar sih itu sifat manusia...

kalau disuguhi antara SLR atau mirrorles ane juga masih belum tau keduanya tetapi membaca-baca di media kamera mirrorless adalah the nex SLR maka saat itu aku putuskan membeli kamera mirrorless dengan banyak pertimbangan dan banyak tanya keteman-teman, yang menjadi pertimbangan adalah kegunaan dan fungsi kamera itu, karena aku gak begitu ngerti kamera, dan beli hanya untuk traveling maka aku putuskan membeli mirrorless sesuai bacaan yang aku baca review dari kaskus,

nx300_main_visual

Kamera mirrorless adalah kamera digital yang mulai populer ditahun 2008, sebenarnya Kamera Mirrorless ini adalah kamera yang mirip DSLR dan tidak memakai cermin dan bentuknya lebih kecil dan ringan jika dibandingkan DSLR. saya ingat pada tahun 2005 kita tidak bisa memilih mau kamera DSLR atau kamera saku? Kalau pilihannya ingin memotret dengan kualitas foto terbaik, kecepatan dan bisa mengontrol manual, maka pilihannya adalah kamera DSLR. Sementara kalau mau memotret dokumentasi dan ringan dibawa kemana mana, ukuran kecil, enteng, gampang semua orang bisa pakai, harga terjangkau maka pilihannya jatuh ke kamera pocket, tetapi ada yang harus dikorbankan disini yaitu kualitas foto yang tidak maksimal.

Karena ada gap dan perbedaan inilah muncul kamera mirrorless yang berada ditengah tengah karena bentuknya kecil, enteng dan kualitas foto yang sama bagusnya dengan DSLR. Cara kerja kamera DSLR membutuhkan cermin (mirror) untuk memunculkan gambar di viewfinder, sedangkan kamera mirrorless memunculkan gambar dengan membuang cermin yang ada di DSLR inilah yang menghemat ukuran dan berat kamera (juga memangkas harga) kekurangannya Kamera Mirrorless tidak ada viewfinder optik di sebagian besar kamera mirrorless. 3 - 4 tahun lalu saya salah satu orang yang belum mempercayai kualitas Kamera Mirrorless setara dengan DSLR, tetapi setelah saya mencoba Kamera Mirrorless dengan sensor APSC dan mengirim hasil foto tersebut ke Agency Stok Foto saya diluar negeri. diluar dugaan mereka menerima hasil dari kamera mirrorless, dari sini secara tidak langsung hasil kamera Mirrorless itu sudah diakui sama dengan DSLR kualitas fotonya. sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/53469903f9ca1774348b4684/memilih-kamera-mirrorless-untuk-traveling/

Samsung camera nx300

akhirnya setelah menimbang dan memutuskan... kebeli deh samsung kamera nx300 dengan mempunyai banyak fitur yang mewah dan elegan bentuknya secara keseluruhan memang keren, bentuk yang klasik, mudah di gunakan, simple pengaturan dan yang pasti kelihatan kece kalau di tenteng gitu. sedangkan untuk masalah technologi samsung memang juaranya untuk lihat detailnya bisa lihat si situsnya

http://www.samsung.com/levant/consumer/camera-camcorder/cameras/nx-cameras/EV-NX300ZBXTTR-features

img_nx300_m04 img_nx300_s01 img_nx300_s02

gue merasakan semua technlogi itu, yang canggih dan keren namun yang gue sayangkan adalah masalah baterai memang sih semua mirrorles boros baterai tapi dengan masalah baterai ini bener-bener membuat kesel dengan meninggalkan moment terpenting tanpa adanya dokumentasi. solusi sih memang beli baterai cadangan tapi kalau di bandingkan dengan slr jauh beda, slr bisa awet sampai beberapa jepret namun nx300 ini hanya bisa di pakai kurang lebih 300 jepretan jadi harus bener-bener mikir saat mau jepret.

andaikan ada baterai cadangan yang lebih besar kapasitasnya yang mebuat lebih tahan lama mungkin samsung camera nx300 ini semakin keren dan mungkin semakin laris manis. hasil jepretan juga keren gak jauh beda dengan kamera slr bahkan beberapa fitur tidak di miliki slr contoh menu smooting wajah dll, fitur-fitur seperti itu yang di sukai banyak cewek-cewek namun gue gak begitu suka dengan fitur tersebut, lebih suka yang alami saja.

gue juga baru sebulan memiliki samsung kamera nx300 ini jadi masih belum begitu mahir menggunakannya apalagi dengan menggunakan mode Manual dan sepertinya mode manual ini sedikit beda dengan slr, pernah mencoba dengan settingan sama antara slr dan mirrorles ternyata menghasilkan kualitas yang beda.

jadi dapat di simpulkan dengan memilik kamera nx300 yang baru beberapa bulan kepakai dan yang menurutku kurang adalah......

  • Battery. Kalo dipake jepret cuma tahan sampe around 300 shots. Kalo sambil sedot pake Direct Link cuma sampe 200an foto.
  • No view finder alias lubang intip. Jadi terpaksa moto pake LCD screen terus, kalau ada di tengah laut tepat di terik matahari untuk membidik target kurang maksimal (agak silau men,,,)

dengan sedikit kekurangan namun gue puas dengan kelebihannya

  • 20.3 Megapixels. dibandingkan dengan yang lain samsung nx300 lebih unggul dengan harga di kelasnya
  • Tipis  Cuma 3.5 cm tanpa lensa dan 6.5 cm dengan lensa 30mm. dengan begitu lebih enak di tenteng kemana2 gak berat-berat banget.
  • Direct Link ke smartphone Android & iOS. tinggal konek pake apps Samsung Smart Camera, hasil jepretan bisa langsung di lihat di android dan langsung share ke sosmed :D.
  • Touch screen dan touch to focus. Kalau pake DSLR, area focusnya terbatas pada beberapa titik. Nah di NX300 area focus bebas di seluruh bagian frame.
  • Mirrorless berarti teknologi yang diusung sudah menyerupai DSLR, namun tanpa kaca reflektor sehingga dimensi kamera lebih tipis.
  • Stylish. desain yang klasik mungil dan kece sampai aku terpesona membelinya.

 

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    niyasyah3 years ago

    aku masih pengen punya NX300 ini. tapi demi macaroon yang enak di lotte, aku juga pengen mirrorless nya fujifilm. persoalannya adalah, budgetnya. hahaha..

    Reply
    • author
      Author

      Ahmad Faza3 years ago

      bilang ke mama papa
      minta yang fujipilem 😛

      Reply
  2. author

    Fahmi3 years ago

    Saya lebih suka pake mirrorless, tapi ndak pake samsung 😀 lebih suka pake sony nex. hehee…

    Reply

Leave a reply "Samsung Camera NX300 Desain Klasik, tapi…"