Rangkuman Sistem Operasi (SO)

9 comments 4740 views

MICROSOFT WINDOWS OVERVIEW

Sejarah

Operasi sistem yang dikembangkan oleh microsoft untuk pertama komputer pribadi IBM disebut sebagai MS-DOS atau PC-DOS. Inisial versi DOS 1.0, dirilis pada Agustus 1981 yang terdiri dari 4000 baris assembly language source code dan berjalan di 8 Kbytes memori intel 8086 microprocessor

Ketika IBM mengembangkan sebuah harddisk berbasis komputer pribadi PC XT microsoft menggembangkan DOS 2.0 dirilis pada 1983 yang mendukungan harddisk dan disediakan bagi hirarki direktori. Sekarang disk hanya dapat berisi satu direktori file yang mendukung hingga 64 file. Sementara dalam era disket itu terlalu terbatas untuk hard disk dan satu direktori restriction terlalu lamban ketika IBM PC AT diumumkan pada tahun 1984 diperkenalkan Microsoft DOS 3.0 berisi prosesor Intel 80286 yang disediakan diperpanjang dan menangani fitur memori perlindungan. Ini tidak digunakan oleh DOS Untuk tetap kompatibel dengan rilis sebelumnya OS yang digunakan hanya 80286 termasuk cepat "8086."

DOS 3.1 dirilis pada tahun 1984 berisi dukungan untuk jaringan dari PC. DOS 3,3 diluncurkan pada tahun 1987 memberikan dukungan untuk baru baris komputer IBM yang PS / 2. Sekali lagi ini melepaskan tidak mengambil keuntungan dari kemampuan prosesor yang PS / 2 yang di sediakan oleh 80286 dan 32-bit 80386 chips.

Pada awal tahun 1980-an microsoft mulai perkembangan graphical user interface (GUI) yang akan interposed antara pengguna dan DOS. Microsoft bermaksud untuk bersaing dengan Macintosh OS yang tadinya tak dapat dibandingi untuk kemudahan dalam penggunaan. Pada tahun 1990 microsoft telah mengeluarkan versi GUI yang dikenal sebagai windows 3.0, yang incorporated beberapa fitur ramah pengguna Macintosh. Namun masih kurang halus oleh kebutuhan untuk berjalan di atas DOS.

Versi pertama windows NT (3,1) telah dirilis pada tahun 1993 dengan GUI Akan tetapi NT 3,1 adalah baru 32-bit OS dengan kemampuan untuk mendukung DOS lama dan windows aplikasi serta menyediakan OS / 2 setelah beberapa versi NT 3.x microsoft merilis NT 4.0 yang memiliki Essentially yang sama arsitektur internal sebagai 3 kali yang paling penting adalah bahwa perubahan eksternal NT 4.0 menyediakan antarmuka pengguna yang sama seperti Windows 95 (peningkatan upgrade ke Windows 3.1) utamanya adalah bahwa perubahan arsitektur beberapa komponen grafis yang berjalan dalam modus pengguna sebagai bagian dari subsistem win32 dalam 3 kali telah dipindahkan ke windows NT Eksekutif yang berjalan dalam mode kernel manfaat dari perubahan ini adalah untuk mempercepat pengoperasian fungsi yang penting .

Pada tahun 2000 microsoft memperkenalkan berikutnya upgrade utama yang dinamakan windows 2000 yang pokok dan Eksekutif Kernel arsitektur fundamental yang sama seperti di NT 4.0 tetapi fitur-fitur baru telah ditambahkan. windows 2000 juga menambahkan plug-and-play dan power-man-agement fasilitas yang sudah ada di dalam Windows 98, yang penerus ke Windows 95 fitur-fitur ini sangat penting untuk komputer laptop, yang sering menggunakan perkaitan stasiun dan berjalan di baterai.

Pada tahun 2001, baru desktop versi windows telah dirilis yang dikenal sebagai windows XP kedua PC rumahan dan bisnis workstation versi XP yang ditawarkan. Pada tahun 2003, Microsoft memperkenalkan versi server baru, yang dikenal sebagai Windows Server 2003 support 32-bit dan 64-bit processors. 64-bit versi server 2003 adalah menandatangani khusus untuk 64-bit Intel Itanium hardware.

Pada tahun 2007 yang terbaru versi desktop windows telah dirilis yang dikenal sebagai windows vista. Vista mendukung kedua Intel x86 dan AMD x64 arsitektur fitur utama dari keluaran adalah perubahan GUI meningkatkan keamanan improvements. Server yang sesuai rilis adalah Windows Server 2008.

Single-User Multitasking

Windows (selanjutnya dari windows 2000) adalah contoh nyata dari apa yang telah menjadi gelombang baru dalam sistem operasi microcomputer (contoh lainnya adalah Linux dan MacOS). Windows itu didorong oleh kebutuhan untuk memanfaatkan kemampuan pengolahan hari ini 32-bit dan 64-bit microprocessors yang bersaingan mainframes dari hanya beberapa tahun lalu dalam kecepatan, kecanggihan hardware dan kapasitas memori.

Salah satu yang paling signifikan fitur baru ini adalah sistem operasi, walaupun mereka masih dirancang untuk mendukung satu pengguna interaktif mereka multitasking sistem operasi. Ada dua perkembangan utama memicu kebutuhan multitasking di komputer pribadi yaitu workstation dan server.dengan didukung kecepatan dan kapasitas memori microprocessors di dukungan juga oleh virtual memori ysng menjadikan aplikasi menjadi lebih kompleks. contoh pengguna mungkin ingin mempekerjakan pengolah kata, menggambar sebuah program, dan aplikasi spreadsheet secara bersamaan untuk membuat dokumen tanpa harus menutup salah satu program.

Kedua motivasi untuk multitasking adalah perkembangan klien atau server komputasi. Dengan klien atau server computing komputer pribadi atau workstation (klien) dan host sistem (server) digunakan bersama-sama untuk menyelesaikan aplikasi tertentu. Kedua adalah terhubung dan setiap yang diberikan bagian dari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Klien or server dapat dicapai dalam suatu jaringan area lokal dari komputer pribadi dan server atau alat penghubung antara pengguna dan sistem host besar seperti Mainframe. Sebuah aplikasi mungkin melibatkan satu atau lebih komputer dan satu atau lebih server perangkat dan dapat memberikan respon yang diperlukan, sistem operasi perlu untuk mendukung kecepatan tinggi antarmuka jaringan dan terkait protokol komunikasi dan transfer data arsitektur sementara pada saat yang sama mendukung interaksi yang sedang berlangsung.

Arsitektur

Gambar dibawah ini keseluruhan struktur windows 2000 yang dirilis dari windows, termasuk Vista, pada dasarnya memiliki struktur yang sama di tingkat detail.

win

 

Seperti halnya dengan hampir semua sistem operasi, Windows memisahkan aplikasi - berorientasi pada perangkat lunak dari inti OS software.The kedua, yang meliputi Eksekutif, Kernel, device drivers, hardware dan lapisan abstak, berjalan dalam mode kernel.

Kernel-mode komponen Windows adalah sebagai berikut:

  • Executive : Berisi base OS layanan, seperti manajemen memori proses dan urutan manajemen, keamanan, I / O, dan interprocess komunikasi.
  • Kernel : Kontrol pelaksanaan prosesor. Kernel mengelola thread penjadwalan proses perpindahan kecuali penanganan dan mengganggu dan multi - prosesor sinkronisasi.
  • Hardware abstraction layer (HAL): Maps antara perangkat keras generik commands dan tanggapan. OS dari platform perangkat keras yang spesifik perbedaan. HAL yang membuat setiap komputer system bus, direct memory access (DMA) controller, interrupt controller, sistem waktu, dan modul memori yang sama untuk melihat Eksekutif dan Kernel komponen. Ia juga memberikan dukungan yang diperlukan untuk symmetric multiprocessing (SMP),
  • Device driver: Dynamic perpustakaan yang memperluas fungsionalitas dari Exective. Termasuk perangkat driver hardware yang menterjemahkan pengguna I / O fungsi panggilan ke perangkat khusus hardware I / O permintaan untuk komponen dan perangkat lunak menerapkan sistem berkas, protokol jaringan, dan sistem lainnya ekstensi yang perlu dijalankan dalam mode kernel.
  • Windowing and graphics system: mengimplementasikan graphical user interface (GUI) fungsi, seperti berhadapan dengan jendela, antarmuka pengguna, dan menggambar.

Windows Eksekutif termasuk komponen spesifik untuk sistem fungsi dan menyediakan sebuah API untuk user-mode software. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing Eksekutif dari modul:

  • I/O manager: Menyediakan kerangka kerja yang melalui I / O device yang dapat diakses untuk aplikasi, dan bertanggung jawab untuk dispatching ke perangkat yang sesuai drivers untuk proses lebih lanjut.
  • Cache Manajer: Meningkatkan kinerja file berbasis I / O oleh menyebabkan kembali dirujukan ke file data berada dalam memori utama untuk akses cepat, dan memegang pembaruan dalam memori dalam jangka waktu singkat sebelum mengirim mereka ke disk.
  • Object Manajer: Membuat, mengelola, dan menghapus objek Windows Eksekutif abstrak dan jenis data yang digunakan untuk mewakili seperti proses dan sinkronisasi objek. Manajer objek juga menciptakan menangani objek, yang terdiri dari kontrol akses informasi dan arah kepada objek.
  • Plug-and-play Manajer: Menentukan driver yang diperlukan untuk mendukung perangkat khusus dan beban yang berat.
  • Manajer Power: Koordinat manajemen daya di antara berbagai perangkat dan dapat dikonfigurasi untuk mengurangi konsumsi daya oleh shutting down idle perangkat, menempatkan prosesor tidur, dan bahkan menulis semua memori ke disk dan shutting off daya ke seluruh sistem.
  • Security reference monitor : memaksa akses-validasi dan audit generasi aturan. Windows berorientasi objek memungkinkan untuk model yang konsisten dan seragam melihat keamanan, sampai ke dasar entitas yang membentuk Executive.
  • Virtual memory manager: mengelola alamat virtual, memori fisik, dan Pager pada file di disk. Kontrol memori hardware dan manajemen data struktur yang peta alamat virtual dalam proses dari ruang alamat physcal kehalaman di memori komputer.
  • Process/thread manager: Membuat, mengelola, dan penghapusan proses dan urutan benda. Windows.
  • Configuration manager: bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengelola system registri, yang repositori untuk kedua sistem lebar dan per-user setting berbagai parameter.
  • Local procedure call (LPC) facility: menerapkan yang efisien lintas-proses mekanisme prosedur panggilan lokal untuk komunikasi antara proses implementing layanan dan subsystems. Mirip dengan remote prosedur call (RPC) fasilitas yang digunakan untuk pengolahan didistribusikan.

Pengguna Mode Proses terdiri dari Empat dasar jenis user-mode proses yang didukung oleh Windows:

  • Special system processes : modus Pengguna layanan yang dibutuhkan untuk mengelola sistem seperti sesi manajer, otentikasi subsistem, operator manusia dan proses logon
  • Service processes: Printer spooler, acara logger, pengguna modus komponen yang bekerja sama dengan perangkat driver berbagai layanan jaringan dan masih banyak. Layanan ini digunakan oleh Microsoft dan kedua eksternal untuk pengembang perangkat lunak memperluas sistem fungsi mereka sebagai satu-satunya cara untuk menjalankan latar belakang pengguna Modus kegiatan pada sistem Windows.
  • Environment subsystems: Menyediakan berbagai kepribadian OS Yang didukung adalah Win32/WinFX dan subsystems POSIX. Lingkungan masing-masing Subsistem termasuk subsistem proses bersama antara semua aplikasi yang menggunakan subsistem dan dinamik link library (DLL) yang mengkonversi pengguna aplikasi panggilan untuk panggilan LPC pada subsistem proses, dan / atau Windows asli panggilan.
  • User applications: executables dan DLL yang menyediakan fungsi kemampuan pengguna untuk menjalankan menggunakan sistem.DLL biasanya target tertentu di lingkungan subsystems meskipun sebagian dari program yang diberikan sebagai bagian dari OS asli menggunakan sistem antarmuka (NTAPI). Ada juga dukungan untuk menjalankan 16-bit program yang ditulis untuk Windows atau 3,1 MS-DOS.

Client / Server Model

Sistem operasi Windows layanannya subsystems dilindungi dan applikasi yang disusun dengan menggunakan klien / server model komputasi yang merupakan model untuk didistribusikan dan komputasi yang dibahas dalam Bagian ini sama arsitektur. dapat diadopsi untuk penggunaan internal ke satu sistem seperti halnya dengan Windows.

Keuntungan dari klien / server arsitektur meliputi:

  • Penyalahgunaan simplifies Eksekutif. Hal ini dimungkinkan untuk membangun berbagai API implemented pengguna dalam mode server tanpa konflik atau duplikasi dalam Executive. API baru dapat ditambahkan dengan mudah.
  • Penyalahgunaan meningkatkan kehandalan. Setiap server baru berjalan di luar kernel dengan masing-masin partisi dari memori dilindungi dari server lain. Satu server dapat gagal tanpa sungguh-sungguh atau kerusakan sisa dari OS.
  • Menyediakan sarana yang seragam untuk aplikasi untuk berkomunikasi dengan layanan melalui RPCs tanpa membatasi fleksibilitas. Pesan-melewati proses tersembunyi dari aplikasi-aplikasi client oleh fungsi stubs, yang kecil potongan-potongan kode yang wrap yang RPC panggilan bila aplikasi API membuat panggilan ke salah satu environment subsistem atau layanan yang mematikan di klien paket aplikasi yang parameter untuk panggilan dan mengirimkannya sebagai pesan ke server subsistem yang melaksanakan panggilan.
  • Menyediakan dasar yang cocok untuk didistribusikan komputasi. Biasanya, didistribusikan yang menggunakan klien / server model, jauh dengan prosedur panggilan implemented didistribusikan menggunakan modul klien dan server dan pertukaran pesan antara klien dan server. Dengan Windows, server lokal yang dapat lulus pesan ke server jauh untuk pemrosesan lokal atas nama klien-applikasi.

Threads dan SMP

Dua karakteristik penting Windows-nya adalah dukungan untuk threads dan symmetric multiprocessing (SMP) daftar berikut fitur Windows yang mendukung benang dan SMP:

  • OS dapat menjalankan rutinitas pada prosesor yang tersedia dan berbagai rutinitas bisa execute secara bersamaan pada prosesor yang berbeda.
  • Windows mendukung penggunaan beberapa threads pelaksanaan dalam satu proses. Beberapa topik yang sama dijalankan pada proses yang berbeda prosesor secara bersamaan.
  • Server dapat menggunakan beberapa proses benang untuk memproses permintaan dari lebih dari satu klien secara bersamaan.
  • Windows menyediakan mekanisme untuk berbagi data dan sumber daya antara proses interprocess fleksibel dan kemampuan komunikasi.

Windows Objek

Windows sangat mengacu pada konsep desain berorientasi objek. Di antara tombol berorientasi objek konsep yang digunakan oleh Windows adalah sebagai berikut:

  • Encapsulation : Sebuah benda terdiri dari satu atau lebih item dari data, yang disebut attributes dan satu atau lebih prosedur yang dapat dilakukan pada data yang disebut layanan. Satu-satunya cara untuk mengakses data dalam obyek invoking oleh adalah salah satu objek layanan. Dengan demikian data dalam objek mudah dilindungi dari penggunaan yang tidak sah dan dari salah digunakan (misalnya, mencoba untuk menjalankan sebuah nonexecutable piece data).
  • Object class and instance : Sebuah objek kelas adalah template yang daftar atribut dan layanan dari sebuah objek dan mendefinisikan karakteristik objek tertentu. OS dapat membuat tertentu dari sebuah kelas objek yang diperlukan. Misalnya terdapat proses kelas satu objek dan satu proses untuk setiap objek sedang aktif proses. Pendekatan ini simplifies objek penciptaan dan manajemen.
  • Inheritance : Meskipun pelaksanaan adalah kode tangan Eksekutif menggunakan warisan untuk memperpanjang kelas obyek dengan menambahkan fitur baru. Setiap Eksekutif kelas didasarkan pada basis kelas virtual yang menentukan metode yang membuat nama, keamanan, dan menghapus objek. Dispatcher adalah objek Eksekutif objek yang mewarisi properti dari sebuah event object, sehingga mereka dapat menggunakan umum metode sinkronisasi. Jenis objek khusus lainnya, seperti perangkat kelas, membolehkan kelas untuk perangkat khusus untuk mewarisi dari kelas dasar dan menambahkan data dan metode.
  • Polymorphism: Windows menggunakan API umum ke fungsi memanipulasi objek-objek dari jenis apa pun.

Terdapat dua kategori obyek yang digunakan oleh Windows yang digunakan untuk proses sinkronisasi dilakukan dari prosesor:

  • Dispatcher objects : Eksekutif benda yang dapat menunggu pada threads untuk mengontrol dan sinkronisasi dispatching thread berbasis system operasi
  • Control objects : Digunakan oleh Kernel komponen untuk mengelola pengoperasian prosesor di daerah yang tidak dikelola oleh penjadwalan thread normal

Windows tidak penuh berorientasi objek OS. Hal ini tidak dilaksanakan secara bahasa berorientasi objek. struktur data yang sepenuhnya berada dalam satu Executive komponen tidak mewakili sebagai objek. Namun demikian Windows menggambarkan kekuatan teknologi berorientasi objek dan merupakan peningkatan kecenderungan terhadap penggunaan teknologi ini di desain OS.

Linux

Sejarah

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen baum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

Struktur modular

Kebanyakan UNIX mempunyai kernel monolitik. Monolitik kernel adalah salah satu yang meliputi hampir semua OS fungsi besar dalam satu blok kode yang berjalan sebagai sebuah proses dengan satu ruang alamat. Semua komponen fungsional kernel yang memiliki akses ke semua data internal dan struktur data rutinitas. Jika ada perubahan dibuat untuk setiap bagian yang khas monolitis OS semua modul dan rutinitas harus kembali dan terhubung kembali dan sistem rebooted sebelum perubahan dapat berlaku. Sebagai hasilnya ada modifikasi seperti menambahkan perangkat baru driver atau file system fungsi.

Walaupun Linux tidak menggunakan pendekatan microkernel tapi bisa mencapai banyak potensi keuntungan dari pendekatan ini dengan cara yang tertentu modular arsitektur. Linux adalah struktur sebagai kumpulan modul sejumlah yang dapat secara otomatis dimuat dan diturunkan sesuai permintaan. Blok ini relatif independen yang disebut sebagai modul Loadable [GOYE99]. Linux Loadable modul memiliki dua karakteristik penting yaitu :

  • Dynamic linking : Kernel modul dapat dimuat dan dihubungkan ke dalam kernel
  • sedangkan kernel yang sudah ada di dalam memori dan mengeksekusi. modul ini juga dapat terhubung dan dihapus dari memori setiap saat.
  • Stackable modul : Modul tersebut diatur dalam hirarki. dari beberapa modul menjadi perpustakaan ketika mereka diarahkan oleh klien modul lebih tinggi di atas
  • yang hirarki dan sebagai klien ketika mereka referensi modul lebih bawah.

Di Linux, pengguna program atau pengguna dapat secara eksplisit memuat dan membongkar modul kernel menggunakan insmod dan rmmod perintah. Ada dua manfaat antara lain

    1. Kode umum untuk satu set modul yang sama (misalnya, driver untuk hardware yang sama)

dapat dipindahkan ke dalam satu modul

    1. Kernel dapat memastikan bahwa modul-modul yang diperlukan sekarang ini dari refraining

muat modul yang sedang berjalan

Contoh yang menggambarkan struktur yang digunakan oleh Linux yang hanya menampilkan daftar modul kernel setelah dua modul telah dimuat FAT dan VFAT.

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-3

 

Elemen- elemen modul sebagai berikut:

  • *next : Pointer ke modul berikut
  • *name : Pointer ke nama modul
  • size : Modul ukuran memori halaman.
  • usecount : Modul penggunaan counter
  • flag : Modul flag.
  • nsyms : Jumlah simbol diekspor.
  • ndeps : Jumlah referensi modul
  • * syms : Pointer ke modul ini dari simbol tabel.
  • * deps : Pointer ke daftar modul yang akan diarahkan oleh modul ini.
  • * refs: Pointer ke daftar modul-modul yang menggunakan modul ini.

Gambar diaas menunjukkan bahwa VFAT modul telah dimuat setelah FAT modul

dan bahwa VFAT modul tergantung pada FAT modul.

Komponen Kernel

Berikut ini gambar menunjukkan komponen utama dari kernel Linux seperti yang diterapkan di sebuah arsitektur IA-64 (misalnya, Intel Itanium)

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-2

 

kernel itu sendiri terdiri dari kumpulan komponen interaksi, dengan panah-indicating utama interaksi. Pada perangkat keras yang juga digambarkan sebagai satu set-components dengan panah yang menunjukkan kernel atau menggunakan komponen kontrol yang komponen perangkat keras yang jalankan prosesor tetapi untuk kemudahan hubungan ini tidak akan ditampilkan. komponen-komponen kernel sebagai berikut

  • Signals: Kernel menggunakan sinyal untuk memanggil ke dalam proses. Misalnya, sinyal yang digunakan untuk memberitahukan proses beberapa kesalahan, berikut ini beberapa contoh sinyal.

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-4

 

  • System calls: Sistem panggilan sarana dimana proses permintaan tertentu kernel layanan. Ada beberapa ratus sistem panggilan, yang dapat kira-kira dikelompokkan dalam tabel di bawah ini

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-5

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-61

screenshot-m02_stal6329_06_se_c02qxd-7

keterangan :

  • Virtual memory : mengelola dan mengalokasikan memori virtual untuk proses.
  • File system : Memberikan global, hirarkis untuk nama file, direktori, dan file lain yang berhubungan dengan objek dan menyediakan fungsi sistem berkas.
  • Network protocols : Supports Socket dengan antarmuka bagi pengguna untuk TCP / IP protokol
  • Character device drivers : mengelola perangkat yang membutuhkan kernel untuk mengirim atau menerima data satu byte pada satu waktu, seperti terminal, modem, dan printer.
  • Block device drivers : mengelola perangkat yang membaca dan menulis data dalam blok, seperti smagnetik disk, CD-ROM, dll.
  • Network device drivers : mengelola jaringan dan kartu komunikasi baik port jaringan yang terhubung ke perangkat, seperti jembatan dan router.
  • Traps and faults : menangani dan perangkap kesalahan yang dihasilkan oleh prosesor, seperti memori kesalahan.
  • Physical memory : mengelola renang halaman dalam frame nyata halaman untuk virtual memori.
  • Interrupts : menangani interrupts dari pinggiran perangkat.
  • Processes and scheduler : Membuat, mengelola dan menjadwal proses
author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    filya8 years ago

    punya artikel manajemen proses pada windows 2000 nggaa?????

    kalo punya email saya yha…. pliiissssssssssssssssssss….

    di escreme_lova@yahoo.co.id

    trimz….

    Reply
  2. author

    ariem8 years ago

    Sob, punya catatan SO windows 2000 kaga???

    Kl punya Kirim Dunk!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ke awx_scp@yahoo.com

    OK

    Reply
    • author

      fazza017 years ago

      ma'af lagi gak punya

      Reply
  3. author

    FAISAL7 years ago

    SSSSSSSS

    Reply
  4. author

    shoelis7 years ago

    ada modul delphi gak.. tolong donk untuk TA,……..

    Reply
  5. author

    shinigami7 years ago

    thaks lgi rangkuman tugas SO ya,,

    Reply
    • author

      fazza017 years ago

      ok jeh…..
      semangat…

      Reply
  6. author

    ariev er zet6 years ago

    hatur nuhun ka akang fazza anu parantos masihan informasina.. .
    hehehee

    Reply
    • author

      fazza6 years ago

      enggih sami2

      Reply

Leave a reply "Rangkuman Sistem Operasi (SO)"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.