Perbedaan Process State dan thread State

2 comments 2042 views

PROCESS STATE

Proses State merupakan model yang menggambarkan status process, ada lima tahap proses untuk mengolah data pada Proses state ini, di bawah ini contoh diagram alir proses state.

state_diagram

state_diagram

Keterangan :

  • TASK_RUNNINGproses ini berupa runnable maksudnya proses berjalan baik atau di sebut juga proses stanby menunggu untuk menjalakan proses. Pada proses ini satu-satunya proses yang bisa mengeksekusi pada user -space tetapi jiga dapat di terapkan pada proses di kernel-ruang yang aktif berjalan.
  • TASK_INTERRUPTIBLE di sebut juga proses sleeping, pada proses ini menunggu beberapa kondisi yang ada, ketika kondisi ini aktif maka statusnya menjadi TASK_RUNNING. Proses ini juga akan aktif prematur dan runnable jika menerima sinyal.
  • TASK_UNINTERRUPTIBLE stuatus ini identik di sebut TASK_INTERRUPTIBLE kecuali tidak aktif dan status menjadi runnable jika menerima sinyal. Proses Ini digunakan dalam situasi di mana proses tersebut harus menunggu tanpa interupsi atau ketika diharapkan terjadi cukup cepat.Karena tugas tidak merespon sinyal di state ini, TASK_UNINTERRUPTIBLE kurang sering digunakan dari TASK_INTERRUPTIBLE.
  • TASK_ZOMBIE pada proses ini proses akan dihentikan, namun induknya belum mengeluarkan system call.deskriptor proses ini harus tetap induknya yang mengaksesnya.Jika induk memangil, maka deskriptor proses deallocated.
  • TASK_STOPPED Proses eksekusi telah berhenti; tugas tersebut tidak berjalan juga tidak memenuhi syarat untuk berjalan.Hal ini terjadi jika tugas menerima sinyal SIGSTOP, SIGTSTP, SIGTTIN, atau SIGTTOU atau jika menerima sinyal apapun ketika sedang debug.

THREAD STATES

Pada setiap saat, thread dikatakan dalam satu atau lebih oleh beberapa thread seperti yang ditunjukkan oleh properti Thread.Thread diilustrasikan pada diagram alir di bawah ini:

ThreadStates

ThreadStates

Keterangan :

  • Unstarted : Ketika sebuah thread baru dibuat oleh runtime, ia akan memulai hidup di state Unstarted.Sebuah thread tetap dalam keadaan ini sampai program memanggil metode Thread Start.
  • Running : Thread baru dibuat tetap dalam keadaan Unstarted sampai program panggilan Thread Start, pada saat thread memasuki state,proses akan berjalankan dan segera kontrol kembali ke program panggilan.Sebuah thread di state ini sebenarnya mulai berjalan pada saat OS memberikan prosesor ke benang.Pada titik ini, thread akan mulai menjalankan mendelegasikan ThreadStart nya (fungsi thread dalam terminologi Win32).
  • AbortRequested : Fungsi Thread ini adalah Thread Abort telah dipanggil tetapi thread belum menerima pengecualian Thread AbortException yang akan mencoba untuk menghentikannya.Perhatikan bahwa jika thread sudah diblokir dari panggilan sebelumnya untuk Tunggu dan thread lain panggilan Thread Abort di thread diblokir, thread akan di kedua state AbortRequested dan WaitSleepJoin.
  • Stopped : Sebuah thread aktif memasuki state Berhenti ketika delegasi ThreadStart tersebut berakhir.Hal ini dapat terjadi baik karena mendelegasikan selesai apa yang seharusnya untuk melakukan atau karena metode Thread Abort disebut, dalam hal ThreadAbortException adalah dilempar.Jika tidak ada referensi ke thread berhenti, pengumpul sampah dapat menghapus objek thread dari memori.
  • WaitSleepJoin : Jika kode thread pertemuan tidak dapat mengeksekusi (karena beberapa kondisi tidak selesai), proses bisa memanggil Monitor Wait untuk memasuki state WaitJoinSleep.Setelah di state ini, thread diblokir dapat kembali ke state yang aktif saat thread lain panggilan Monitor Pulse atau Monitor PulseAll. thread ini juga dapat menghubungi Thread Sleep untuk memasukkan WaitSleepJoin untuk periode waktu tertentu. Jika thread panggilan Thread Sleep atau Monitor Wait untuk memasuki state WaitSleepJoin, maka juga kembali ke state aktif jika tidur atau menunggu thread metode Thread Interrupt disebut dengan thread lain.Jika thread tidak dapat melanjutkan proses eksekusi sampai thread lain berakhir, maka jalur tergantung dapat memanggil metode thread.
  • Suspended : Jika thread aktif menjalankan Thread Suspend, thread akan memasuki kondisi Suspended.Sebuah state Suspended kembali ke keadaan aktif jika thread lain dalam program memanggil thread ditangguhkans Thread Resume.

Dari kedua state di atas terdapat beberapa perbedaan diantaranya :

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    PUTRA6 years ago

    suwon bra sangat bermanfaat

    Reply
    • author

      fazza6 years ago

      putra ????

      Reply

Leave a reply "Perbedaan Process State dan thread State"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.