Perbandingan Penggunaan Memori Firefox vs Chrome

28 comments 6041 views

Penggunaan memori broser seperti firefox dan chrome sangat mempengaruhi kinerja pc/laptop yang sedang di gunakan tetapi sekarang banyak laptop di jual mempunyai spesifikasi yang tinggi mungkin yang punya pc/laptop yang mantab (seperti MAC dll) tidak mementingkan penggunaan memori kecuali pada laptop/pc yang mempunya spesifikasi rendah harus memperhitungkan penggunaan memori kinerja pc agar bisa kerja dengan maximal. kali in sedikit ulasan tentang penggunan memori di firefox 8 dan chrome 15 yang sedang digunakan untuk uji coba.

versi chrome

versi chrome

versi firefox

versi firefox

Uji coba kinerja dua broser firefox 8 dan chrome 15 hanya membuka dua tab gmail dan facebook menurut pencoba sudah cukup untuk melihat kinerja dua broser itu,

tampilan uji coba

tampilan uji coba

software untuk melihat kinerja memory menggunakan software bawaan ubuntu yaitu system monitor menurut pencoba sudah cukup tangguh untuk melihat kinerja pc/laptop hasilnya bisa di lihat di gambar di bawah ini :

penggunaan memori firefox vs chrome

penggunaan memori firefox vs chrome

Dari tampilan di atas bisa di hitung sendiri penggunan memori firefox vs chrome dan hasilnya :

firefox : 128.1 + 8.2 = 136.3

chome : 85.7+58.0+49.2+21.6+11.7+10.3+10.0 = 246.5

dari hasil di atas kalau di perhitungkan firefox mennggunakan memori lebih sedikit dari pada chrome ujicoba ini berjalan sekitar 2 menit tidak tau kalau berjalan di atas 2 atau 5 jam berikutnyaย  dan dari kedua broser itu pastinya mempunya kelebihan dan kekurangan asing-masing entah dari kecepatan atau tingkat keamanan semuanya ada fungsi dan manfaat yang berbeda.

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    SlameTux5 years ago

    hmm gitu ta? jadi solusi terbaik untuk penggunaan Browser itu sendiri gimana?

    Reply
    • author

      fazza5 years ago

      kalau di suruh milih itu tergantung selera suka yang mana.. kalau saya menggunakan firefox disamping suka addons yang banyak dan sudah kebiasaan ๐Ÿ˜€

      Reply
      • author

        SlameTux5 years ago

        nah masalah ditimbulkan dari FireFOx adalah beratnya itu mas, dan kadangkala sering hank pada saat membuka new tab.

        Reply
        • author

          fazza5 years ago

          udah kamu jawab sendiri gitu kok

          "mantab dah, diriku juga pake 2, yang FF untuk download dan yang GC untuk browsing… hehehe"

          Reply
  2. author

    MdarulM5 years ago

    Tapi apakah memang benar kinerja dan dari laptop itu dihitung dengan cara penjumlahan memory yg digunakan tersebut diatas?

    “dari hasil di atas kalau di perhitungkan firefox mennggunakan memori lebih sedikit dari pada chrome”

    Karena menurut literatur yang didapat…. Pemisahan penggunaan memory yang dilakukan oleh chrome seperti diatas katanya memang lebih tidak membebani memory dan lebih enteng.itulah rahasianya Chrome. CMIIW

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      salah satu untuk mengukur bisa lewat penyimpanan data sementara (RAM) kalau RAM full (memori digunakan semua) maka sistem antrian semakin banyak dan membuat aplikasi yg dibuka lama bahkan sampai \”not responding\” ๐Ÿ™‚
      masalah rahasia chrome itu kurang tau ๐Ÿ™‚ ini di uji lewat penggunaan memori hasinya seperti itu kalau menurut saya penggunaan thread memori yg ada di chrome membedakan firefox dg chrome, kalau satu tab chrome error misalnya di tab gmail maka tidak terpengaruh di tab facebook berbeda dengan firefox jika satu tab error yg lain akan error dan di akhir kata sudah di bahas dari kedua broser mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing ๐Ÿ™‚

      Reply
      • author

        MdarulM5 years ago

        "Chrome uses more memory than Firefox for relatively fresh starts when multiple tabs are opened, probably due to its separate-process-per-tab implementation. Firefox, however, takes longer to release memory, even when tabs have been closed. Over long periods of operation, Firefox tends to consume larger and larger quantities of memory that it never releases; this has been termed "the Firefox memory leak", but Mozilla commentary suggests it is actually a memory fragmentation issue, which exhibits many of the same performance and resource consumption symptoms as a memory leak. Users that frequently open and close tabs will benefit from Chrome's instant release of memory for every closed tab. " Berikut copy paste dari [0] kurang lebih menjelaskan tentang penggunaan Memory kedua Browser tersebut. . ๐Ÿ™‚

        Sepertinya diatas sedikit banyak menjelaskan bahwa firefox lebih banyak banyak menggunakan Memory " the Firefox Memory leak"
        Masalah kelebihan dan kekurangan semuanya sudah pasti ada. . . Manusia saja juga punya kekurangan dan kelebihan.

        [0] http://www.wikivs.com/wiki/Chrome_vs_Firefox

        Reply
        • author
          Author

          fazza5 years ago

          kalau di indonesiakan via google translate
          \”Chrome menggunakan memori lebih dari Firefox untuk mulai relatif segar saat banyak tab dibuka, mungkin karena terpisah-proses-per-tab Firefox pelaksanaannya, bagaimanapun, membutuhkan lebih lama untuk melepaskan memori, bahkan ketika tab telah ditutup.. Selama periode yang panjang operasi, Firefox cenderung untuk mengkonsumsi jumlah yang lebih besar dan lebih besar dari memori yang tidak pernah rilis, ini telah disebut \”memori Firefox kebocoran\”, tapi komentar Mozilla menunjukkan sebenarnya merupakan masalah fragmentasi memori, yang menunjukkan banyak kinerja yang sama dan sumber daya konsumsi gejala sebagai kebocoran memori Pengguna yang tab sering membuka dan menutup akan mendapatkan keuntungan dari rilis instan Chrome memori untuk setiap tab yang tertutup\”

          mungkin sudah di jawab juga oleh aris \” Wuih mantab informasinya Di Netbook saya juga menggunakan 2 brwoser sekaligus. FF dan si GC. Dulu sering menggunakan FF karena kebiasaan, namun kalo di buat banyak tab(over then 5), maka FF akan lemot.
          Lalu saya coba si GC ternyata stabil. Akhirnya dah jatuh cintong pada GC.
          Selain stabil, view pada layar untuk Netbook lebih lebar dan nyaman ketimbang FF. ya meski merelakan separo memory habis(in this case my memory is 1GB). itu resikonya sih, kalo mau nyaman ya harus rela berkorban.\”

          Reply
          • author

            MdarulM5 years ago

            Manajemen Memory dari GC sepertinya mungkin selangkah lebih baik tapi untuk Customisasi Addon Firefox tetep No.1 . . .

            Firefox menggunakan memory lebih sedikit (menurut penjumlahan memory) ketimbangChrome mungkin . . tapi seperti dilihat chrome masih terasa "Nyaman" digunakan menurut @aris.

          • author
            Author

            fazza5 years ago

            nice

    • author

      aris eko p5 years ago

      Keren gan bahasnya.

      Seinget saya pas dulu belajar mata kuliah SO, ada proses, running, stop, dan idle. Jadi mungkin itu juga berpengaruh terhadap algoritma yang di gunakan masing-masing OS dan juga algoritma yang di gunakan masing-masing Browser.

      Reply
  3. author

    niyasyah5 years ago

    boleh juga nih buat referensi :))

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      semoga membantu ๐Ÿ™‚

      Reply
  4. author

    aris eko p5 years ago

    Wuih mantab informasinya Di Netbook saya juga menggunakan 2 brwoser sekaligus. FF dan si GC. Dulu sering menggunakan FF karena kebiasaan, namun kalo di buat banyak tab(over then 5), maka FF akan lemot.

    Lalu saya coba si GC ternyata stabil. Akhirnya dah jatuh cintong pada GC.
    Selain stabil, view pada layar untuk Netbook lebih lebar dan nyaman ketimbang FF. ya meski merelakan separo memory habis(in this case my memory is 1GB). itu resikonya sih, kalo mau nyaman ya harus rela berkorban.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      sip semuanya memang ada kelebihan dan kekurangannya begitu juga dengan saya kadang FF kang pulang GC tergantung selera ๐Ÿ˜€

      Reply
      • author

        SlameTux5 years ago

        mantab dah, diriku juga pake 2, yang FF untuk download dan yang GC untuk browsing… hehehe

        Reply
        • author

          beonk5 years ago

          yai bro..google chrome emang cocok bngt wt browsing…

          Reply
  5. author

    rotyyu5 years ago

    Eh, bisa dibilang ini ga sih, Firefox itu menggunakan teknik multithread (proses tetap satu, terbukti dari PID) sedangkan Google Chrome menggunakan teknik multiprocess (setiap tab mempunyai PID sendiri). Secara teori sih, katanya, teknik yang digunakan GC akan memang jika sudah menghadapi proses yg semakin lama dan memakan resource banyak (baca buka banyak tab). Logikanya, ketika satu PID dikill maka semua memori dan resource CPU yg digunakannya akan dibebaskan saat itu juga. ITU di GC, di FF ketika satu tab dibuka maka cache dari image akan tetap ada di memori (walaupun ga semua). CMIIW. Tapi saya masih tetap milih FF, karena saya mulai takut dengan Google.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      maunya bilang gtu ๐Ÿ˜€
      nice..

      Reply
  6. author

    Putrie Jrs5 years ago

    Owalah, makanya notebook ku lemotnya masaAllah.
    Aku pake Google Chrome mulu sih.

    Salam sayang dari Putrie Jrs

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hohohoho…
      kalau sudah beberpa jam apalagi sampai sehari semua browser akan memakan banyak memori
      salam hangat juga putrie Jrs ๐Ÿ˜€

      Reply
  7. author

    Blog Teknik IT5 years ago

    Tapi saya tetap milih Firefox mas, ibarat disuruh milih Windows apa Ubuntu pasti milih Windows, padahal penggunaan memori Ubuntu jauh lebih sedikit. Artinya Firefox sudah jadi kebiasaan.sejak lama. Apalagi banyak addon yang sangat berguna.

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      hehehe…
      iya tergantung dengan selera naik mengunakan firefox atau chrome semua sama saja ada kelebihan dan kekurangannya…
      di chrome juga banyak aplikasi-aplikasi yang berguna mulai dari plugin SEO keamanan game dan lain-lain ๐Ÿ˜€
      salam kenal mas

      Reply
  8. author

    beonk5 years ago

    mozilla memang ringan tapi untuk masalah kecepatan google chrome itu no 1.

    untuk kalian yang menggunakan laptop/pc sprti core duo dan diatasny,..lebih baih menggunakan google chrome. tp sebaliknya jikalau kalian menggunakan spec laptop/pc dibawah core duo lebih baik menggunakan firefox..karena memang lebih ringan.
    satu lg untuk masalah Addon keduany memiliki addon yg cukup bnyak bahkn sampai ribuan addon, baik itu mozilla maupun google chrome,,

    jd intinya google chrome memamng menggunakan memory lebih besar ketimbang firefox..
    mkny sebelum memilih browser kita harus tau spec laptop/pc kita..

    Reply
    • author

      fazza5 years ago

      sipp tepat…
      tinggal kebutuhan dan kesukaan masing-masing
      kadang ada orang yang ngefans banget dengan chrome atau ada juga penggila firefox
      semua mempunyai kelebihan sendiri-sendiri
      salam kenal mas beonk terima kasih sudah mampir disini ๐Ÿ˜€

      Reply
    • author

      Alexยฉ5 years ago

      apa malah tidak terbalik? Chrome itu justru lebih ringan di laptop di bawah spek core duo. Mozilla Firefox belakangan ini, sejak menggelar rapid release, sehingga update begitu cepat, makin bermasalah soal memory leaked-nya. Kecuali diakali dengan "about:config".

      Reply
      • author
        Author

        fazza5 years ago

        silahkan baca komentar mas bro
        betul sekali,
        akhir2 ini memang seperti itu

        Reply

Leave a reply "Perbandingan Penggunaan Memori Firefox vs Chrome"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.