Pengertian Dasar SEO (Search Engine Optimization)

2 comments 1820 views

Dalam dunia website/weblog sekarang ini, khususnya bagi para publisher dan blogger diperlukan pengetahuan tentang Search Engine Optimization, salah satu tips agar website/weblog di index oleh mesin-mesin pencari harus mengetahui konsep-konsep dasar search engine atau search engine optimization dengan menggunakan plugin atau dengan cara masing-masing bloger, tapi sebelum menggunakan tool atau plugin SEO alahkah baiknya mengetahui konsep dasar SEO.

seo

Pengertian Search Engine

Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda halnya dengan direktori web yang dikerjakan oleh manusia untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.

Cara Kerja Search Engine

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya. Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.). Tetapi, ada juga kelemahannya yaitu pencarian lebih lama rampungnya.

Komponen utama dalam Search Engine

Sebuah search engine memiliki beberapa komponen agar dapat menyediakan layanan utamanya sebagai sebuah mesin pencari informasi. Komponen tersebut antara lain :

silahkan lihat di postingan sebelumnya 😀

Sedangkan plugin-plugin yang terkenal di wordpress untuk mengoptimalkan SEO di website/weblog yaitu

  • All in one SEO pack
  • google xml sitemap

untuk yang lain serba-serbinya bisa di cari sendiri di daftar plugin wordpress sesuia keinginan masing-masing

bagi yang menggunakan blogspot dan website buatan harus di edit manual di pengaturan postingan dan menambahkan beberapa srib yang bisa di cari mesin pencari 😀

Di tulis berdasarkan artikel di aqwamrodi

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    arum5 years ago

    sip benar benar pengantar 🙂

    Reply
  2. author

    syaiful bahri4 years ago

    Untuk pertama yang penting konten kita bisa dicrawling dulu, mas.. Cara kerja mesin pencari kira-kira ada tiga: crawling, indexing, dan ranking..hheheh..

    Salam kenal, gan.

    Reply

Leave a reply "Pengertian Dasar SEO (Search Engine Optimization)"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.