Pengertian Autonomous system (AS) Dan Autonomous System Numbers (ASN)

Autonomous system (AS) adalah Sebuah koleksi end-system routers yang di bawah kendali sebuah manajemen atau athority tunggal. Sistem ini biasanya memakai sebuah Interior Gateway Protocol (IGP).AS diperlukan bila suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Contoh yang paling sering dijumpai adalah: jaringan yang terhubung kepada dua upstream atau lebih ataupun eXchange Point, peering dengan jaringan lokal pada eXchange Point. sedangkan ASN menurut American Registri for Internet Number (ARIN) sebagai berikut

"Autonomous System Numbers (ASNs) are globally unique numbers that are used to identify autonomous systems (ASes) and which enable an AS to exchange exterior routing information between neighboring ASes. An AS is a connected group of IP networks that adhere to a single and clearly defined routing policy."

atau dalam bahasa indonesianya

Autonomous System Numbers (ASN) adalah nomor unik secara global yang digunakan untuk mengidentifikasi sistem otonom (ASes) dan yang memungkinkan sebuah AS untuk bertukar informasi routing eksterior antara ASes tetangga. ASN adalah grup terhubung jaringan IP yang mematuhi satu dan kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas.

Untuk mengidentifikasi setiap sistem otonom, sebuah 'global unik' jumlah diberikan kepada mereka dari otoritas terpusat (Arin), sehingga tidak ada duplikasi nomor. Global berarti persis yang unik. Dalam seluruh Internet di seluruh dunia, jumlah AS harus unik. Jumlah AS akan 1-64511, dan tidak terpakai jumlah tertinggi berikutnya adalah apa yang umumnya diberikan. Jumlah ini disebut sebagai 'AS' nomor. American Registry untuk Internet Numbers (ARIN) adalah badan yang bertanggung jawab untuk melacak dan menugaskan angka-angka ini serta mengelola alokasi alamat IP dan tugas.

di kutip dari:

http://www.inetdaemon.com/tutorials/internet/ip/routing/bgp/operation/autonomous_system.shtml

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media

Leave a reply "Pengertian Autonomous system (AS) Dan Autonomous System Numbers (ASN)"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.