Memahami dan Mempelajari Pengunaan Twitter

 Teknologi, Tutorial

Sebenarnya bingung juga mau jelasin tentang twitter tapi entah apa dan masih banyak yang bilang dan minta tolong untuk ngajarin menggunakan twitter kalau membuatnya bermodal akun email sudah bisa tinggal next netxt dan done :D tapi tidak apalah berbagi kan tidak ada salahnya “sampaikan ilmu walaupun satu ayat” (Wuiiih sok mantab kata-katanya).okeylah kan yang akan di bahas kali ini ada tentang twitter, konten twitter dan cara pengunaanya.

Memahami dan Mempelajari Pengunaan Twitter

Disisi informatika twitter bisa di bilang seperti berikut :

Twitter merupakan salah satu microbloging service yang memfasilitasi pengiriman dan pembacaan pesan. Namun tidak hanya sebagai jejaring sosial saja,twitter juga sebagai media share informasi. Twitter memiliki suatu fungsi untuk temu kembali informasi (salah satu penerapan information retrieval) yaitu pada twitter search. Berbeda pada search engine pada web, twitter search memiliki karakteristik khusus.Information retrieval nya diterapkan untuk kasus yang berbeda. Yaitu dengan konten yang cenderung sedikit, namun frekuensinya tinggi, dan memiliki kecenderungan tidak ada updating setelah posting.Microbloging service seperti twitter tidak hanya digunakan untuk menjalin relasit etapi juga digunakan para penggunanya untuk “berkicau”, yaitu memberikan informasi kepada teman dalam jaringan atau bahkan kepada public. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna sebenarnya juga menggunakan microblog untuk mencari informasi. Kontendari microblog berbeda dengan konten yang ada di web. Microblog memiliki jumlah konten yang terbatas yaitu hanya sampai 140 karakter, namun frekuensinya tinggi, dan kontennya cenderung tidak berubah setelah di terbitan. Sedangkan web pages memiliki konten yang cenderung lebih besar, tetapi penambahan kontennya cenderung lebih lambat, dan setelah dilakukan posting biasanya akan dilakukan updating. Perbedaan inilah yang me-latarbelakangi mengapa Jaime teevan dkk melakukan penelitian ini, membandingkan antara microblog search dan web search. Tujuannya agar ke depan, didapatkan design web search yang bekerja sama dengan social media.

kalau di tidak paham tak apalah kita lanjut di sisi penggunaan dan isi konten Twitter

Memahami dan Mempelajari Pengunaan Twitter

  • Pesan

Pengguna dapat menulis pesan bersarkan topik dengan menggunakan hashtag(#).sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @

message twitter

  • Home

Pada halaman utama bisa melihat yang dikirikan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

home twitter

  • Profile

pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweet yang sudah pernah di-posting.

profil twitter

  • Follower

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

follow twitter

  • Following

Kebalikan dari follower, following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

follow twitter

  • Mentions

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

mention twitter

  • Favorite

Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

faforit mention twitter

  • Direct Message

Fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

message twitter

  • Hashtag

Penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

hastag twitter

  • List

Pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang merekafollow.

list twitter

  • Trending Topic

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

trending topik twitter

Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat–dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

sekian untuk pengaturan dan sebagainya silahkan tunggu postingan lanjutnya :)

Isi post berdasarkan Wikipedia

Author: 

Untuk saat ini belajar SEO | Blogger | Linuxer | Satpam jaringan | Pecandu sosial media | Pencinta kuliner, Siap keliling dunia :)

Related Posts

4 Responses

  1. niyasyahJune 2, 2011 at 7:26 amReply

    bagus za!

    masta twitter ^^

  2. Author

    fazzaJune 2, 2011 at 7:43 amReply

    :)

    makasih

  3. ???June 20, 2012 at 12:57 pmReply

    jawab donkk , Lw artinya RT apaan yaa ??

    • Author

      fazzaJune 21, 2012 at 10:33 pmReply

      kalau RT artinya ReTwet berarti kita membuat status yang sama dengan yang kita ReTwet
      semoga membantu…
      terima kasih sudah berkunjung :)

Leave a Reply


− 1 = 5