Kenapa Smartphone Xiaomi Mi4i

No comment 3282 views

Sepertinya baru kali ini xiaomi mengeluarkan produk unggulan dan produk yang di bangga-banggakan, atau mungkin sebelumnya aku yang kurang dengar kabar kalau sudah pernah mengeluarkan smartphone flagship. sekilas aku baca di gsmarena xiaomi meluncurkan produk baru yang katanya spesifikasinya tidak jauh dari iphone 6. awal baca berkesan biasa-biasa saja dikarenakan sebelumnya sudah mempunyai xiaomi mi3 dan speknya tidak jauh beda, namun dari segi fisik beda jauh dan ternyata memang beda.

Tidak berikir panjang. akhirnya iphone 5ku tak jual juga demi mendapatkan xiaomi mi4i ini. yah kenapa alasan iphoneku tak jual banyak alasanlah. dan memang gak boleh membedakan ios dan android mereka mempunyai kelas yang berbeda. oke tidak usah di bahas.

Awal mei 2015 denger kabar dari beberapa media xiaomi mi4i rilis ke indonesia. hati berasa senang dan berasa sangat gak sabar ingin meminangnya segera mungkin. belum lagi melihat beberapa review dari youtube yang bikin gak sabar.

Dan akhirya kemaren flash sale pertama tgl 26 mei 2015 lumayan banyak peminatnya aku mendapatkan dua xiaomi mi4i :D, denger isu 10 ribu unit di jual pertama di indonesia ludes dalam waktu 11 menit. kalau di bandingkan dengan negara lain memang sedikit berbeda, contoh di singapur, ludes dalam waktu 2 menit.

Alasanku Memilih Xiaomi Mi4i

xiaomi mi4i ahmadfaza

Sebelum menggunakan xiaomi mi4i aku pernah memakai xiaomi mi3 yang tidak jadi rilis di indonesia, dan saat itu aku puas banget menggunakan smartphone tersebut. entah karena apa dan mengapa aku bosen dan nyoba iphone 5, dan beli lah iphone 5. setelah nyoba beberapa minggu pakai iphone 5 kurang cocok banget sama baterai dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. dan saat itu denger kabar mi4i mau ke indonesia langsung deh tak jual iphone dan memilih android lagi (kata temenku lu bego banget milih android). okey fix...gak usah di bahas ios dan anroid memang mereka di kelas yang berbeda.

Berikut alasan-alasannya :

  • Harga

Harga menjadi alasan pertama saat kita membeli gadget, sesuaikan dengan budget kita, kalau memang gak mampu beli yang mewah jangan di paksakan. xiaomi mi4 ini di bandrol harga 2.8 juta jadi menurutku masih standart dan rasional.

  • Bentuk / Bodi

Bodi xiaomi mi4i ahmadfazacom

Sesuai dengan jargon Mi4i yaitu "inovation made compact", terlihat bentuk dari Mi4i ini sangat compact dan terasa pas di tangan sehingga nyaman digenggam. ini menjadi alasan kedua karena hp yang terlalu besar dan gak nyaman di tangan membut kita kesusahan megang ataupun ngetik. ditambah lagi memilik ketebalan 7,8mm dan berat 130gram sangat ringan dan berkesan smartphone mewah. belum lagi mempunyai teknologi 'anti grease' yang tahan terhadap segala kotoran termasuk spidol permanen sekalipun dapat dihapus.

  • Kamera

xiaomi mi4i kamera

Ini sangat penting bagiku, aku sudah gak punya Mirorless ataupun SLR, aku masih pengen mengexplore kemampuanku di bidang foto dan memaksimalkan jepretan dari hp. karena aku orangnya mobile dan suka share sana sini hasil foto menurutku kamera xiami mi4i ini sangat cocok untuku. di samping kamera di pasok dari sony / samsung menurutku 13 mega pixel sudah cukup memuaskan. memang sebelum-sebelumnya aku pakai kamera xiaomi sangat puas banget dengan hasilnya. Ini salah satu fitur unggulan agar mendapatkan foto bokeh dengan menggunakan refocus menurutku itu magic bokeh. lihat video di bawah

 

  • Layar Full HD

Full HD xiaomi mi4i

Mi4i memiliki bentang layar 5inch dengan pasokan layar dari Sharp/JDI yang memiliki resolusi 1080p dengan kerapatan 441ppi. Untuk kualitas layar, rasanya tidak perlu diragukan lagi kualitas layar buatan kedua perusahaan pemasok layar dari Mi4i ini. dengan kualitas full hd saat kita melihat hasil jepretan kita akan lebih maksimal dan detail banget hasilnya. itulah keuntungan kalau ppi-nya gede. dan satu lagi teknologi yang di terapkan di mi4i ini adalah sunlight display, Apaan sih? Jadi, sunlight display adalah teknologi dimana layar bisa mengetahui apakah si pengguna sedang menggunakan ponsel di dalam ruangan atau di bawah terik matahari. Ketika kita berada di bawah terik matahari, tentu pandangan mata terhadap layar pasti kurang jelas. Nah, disinilah peran sunlight display yang akan mengatur layar sedemikian mungkin agar jadi jelas ketika kita menggunakan ponsel dibawah terik matahari. emang beda ya sama auto brightness? pertanyaan tersebut pasti muncul. Jawabannya jelas beda, karena sunlight display ini menggunakan sensor khusus tanpa mengaktifkan auto brightness dan jauh lebih hemat daya baterai.

xiaomi mi4i sunlight display

Mi4i menggunakan perlindungan layar corning OGS Glass. Loh, kok bukan Gorilla Glass 3? Eittss, jangan salah. OGS Glass ini didesain khusus oleh Corning atas permintaan Xiaomi untuk Mi4i ini. Lantas bagaimana ketahanannya? Tentunya bisa dipastikan sama karena pembuatnya pun juga sama-sama dari Corning.

  • Prosesor dan RAM

Untuk Mendukung kinerja editing foto maupun jepretan foto tentunya membutuhkan juga prosesor dan ram yang mumpuni. tidak hanya pengguna gammers doang yang membutuhkan ram gede, contohnya saat kita upload ke sosial media, prosesor dan ram yang menanganinya agar tidak lambat dan cepat proses editnya. untuk itu dengan menggunakan prosesor octacore Snapdragon 615 generasi kedua yang berkekuatan 1,7Ghz dan 1,1Ghz pada masing-masing quadcore dan ram 2 GB sangat cocok dan mumpuni.

  • Konektifitas

Untuk mendukung upload foto di sosmed, berselancar dengan cepat. dengan menggunakan dual slot yang mendukung 4G sangat keren dan bisa awet untuk jangka panjang, yang kedepannya akan semakin banyak smartphone yang menggunakan teknologi 4G. apalagi memang sebelumnya aku menggunakan xiaomi mi3 penangkapan signal sangat bagus jadi aku percaya yang mi4i juga akan sama.

  • Sistem Operasi

Mi4i sudah menggunakan MIUI6 (ROM buatan Xiaomi) yang berdasarkan Android 5.0 Lollipop. Nah, kalau menurutku smartphone Xiaomi ini versi Android bukan hal yang terlalu penting. Asalkan versi MIUInya harus dapat yang terbaru. Kenapa? Karena MIUI khususnya MIUI6 ini keren banget dan lumayan beda dengan Android sendiri. MIUI6 ini punya kustomisasi yang keren pada setiap tampilan smartphone seperti homescreen, lockscreen, status bar, messaging, dan lain-lainnya bisa atur sendiri satu per satu sesuka kita. Selain itu, meskipun penuh dengan kustomisasi, tampilan MIUI6 ini tetap simple dan nyaman digunakan. Interfacenya pun sangat intuitif dan user friendly.

  • Baterai

xiaomi mi4i baterai

Ini yang terakhir tetepi sangat penting bagiku. Xiaomi Mi4i ditenagai dengan daya baterai sebesar 3120 mAh yang mampu bertahan seharian untuk menunjang aktivitasku. Tidak perlu khawatir akan baterai low batt lagi. Baterai dari Xiaomi Mi4i sendiri dipasok oleh Samsung dan Sony yang sudah mengusung fitur quick charging dan sudah mendukung pengisian dengan tegangan 5V dan arus 2A sehingga charging akan semakin cepat.

Kesimpulannya :

Mi4i ini sangat worth it banget dan sangat perfect di kelasnya. Dengan harga 2,8 juta sudah bisa dapat ponsel flagship dengan spesifikasi yang gahar dan ditunjang dengan kapasitas baterai yang besar untuk penggunaan sehari-hari. Mungkin sebagian orang mengatakan kekurangannya hanya satu yaitu tidak adanya memori eksternal.Yup, but it's not a big problem karena menurutku sudah cukup dengan 16 gb jika kurang bisa menunggu versi yang 32 atau 64 gb atau bisa memanfaatkan MiCloud yang di sediakan secara gratis. Overall, fitur yang paling aku suka dari Mi4i terletak pada kameranya *karena aku suka fotografi*. Yes, kamera, karena dengan harga 2,8 sudah mendapatkan kamera yang sama persis digunakan pada Xiaomi Mi Note yang hasil jepretannya luar biasa dan juga dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki tangkapan luas dan fitur beautify untuk selfie. Sunlight display juga menjadi inovasi luar biasa karena aku sering aktivitas outdoor dan sering kesusahan saat menatap layar smartphone yang kurang jelas ketika berada dibawah terik matahari. This problem is solved by sunlight display. Konektivitas dual 4G juga menjadi fitur penting yang paling aku suka dari Mi4i karena koneksi internet yang cepat itu memang penting. Xiaomi Mi4i memang benar-benar "inovation made compact".

"http://www.kaskus.co.id/thread/555ef26114088d2b388b4568"

 

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media

Leave a reply "Kenapa Smartphone Xiaomi Mi4i"