Kenangan KKN 2010 di Desa Sana Laok Waru Pamekasan

7 comments 2593 views

KKN UTM (Universitas Trunojoyo Madura) 2010 kelompok 2 berlokasi di Desa Sana Laok Kec Waru Pamekasan. Tempat ini menjadi tempat kami sebagai mahasiswa universitas trunojoyo madura yang telah dibekali ilmu dari segala bidang untuk  mengabdikan dirinya kurang lebih satu bulan. Entah ihklas atau hanya sekedar memenuhi syarat untuk bisa LULUS yang pasti satu bulan tersebut harus kami lewati. Kelompok dua ini ada 10 mahasiswa diantaranya Moh. Hasan (Koordinator Desa), Endah Dwi Destantina, Hendika Erwanda, Ahmad Faza, Citra Dara Vresti Trisna, Devy Ayu Shinta, Indah Mauliyah, M. Rozikul Wijaya, Erwin Andriyansyah, Dina Wilendari. Masing-masing memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda beda serta prestasi-prestasi sendiri-sendiri 😀 dan setiap permasalahan yang terjadi di kelompok dari awal hingga selesai dapat kami tangani dengan baik.

Hari ini 2 juni 2011 ku baca komentar di blog salah satu teman kkn yang isinya "kangen aku karo arek2 KKN. arek-arek kangen gak yo anang aku? kapan ngumpul?" hari ini pula ku ingat kebiasaan-kebiasaan yang di lakukan waktu kkn.

pagi hari di sana laok waru pamekasan

pagi hari di sana laok waru pamekasan

Pagi hari ayam berkicau dan suara adzan dari mesjid di sebelah posko berkumandang itu berarti saatnya bangun dan sholat shubuh serta persiapan untuk beraktivitas. Diawali dengan mengambil air untuk keperluan memasak (bagi yang piket ngambil air) tapi yang lainnya masih ada aja yang tidur, atau mencatat rutinitas di buku harian dan lain2nya padahal pinggir posko sekolah tapi tidak ada yang peduli. Setelah tugas mengambil air selesai, piket juga harus membawakan kopi untuk dinikmati sambil bercanda serta membahas hal-hal yang perlu dibahas entah itu program kerja atau masalah-masalah kampus. Dikelompok kami ada aktivis pers kampus, dia berargumen panjang lebar kali tinggi tentang ketidaksetujuannya terhadap adanya KKN yang menurutnya hanya memanfaatkan mahasiswa atau masalah uang kkn yang dimakan entah buat siapa sampai-sampai saya pun ketika itu ikut teracuni omongannya itu.

Sarapan pagi telah siap di hidangkan “betapa baiknya cewek-cewek ini memasakkan makan pagi dan malam” perbincangan masalah di posko cowok belum berakhir masih dilanjutkan sambil sarapan di posko cewek, setelah sarapan selesai si koordes hasan dan bendahara tewel membuka persiapan dan membagi tugas untuk masing-masing anggota, ada yang mengajar ke sekolah dan ada yang ke pasar.

pasar waru pamekasan
Tugas Kepasar waru pamekasan
mengajar di sana laok waru pamekasan
Tugas mengajar di sana laok waru pamekasan

Semua tugas itu tidak ada yang sulit hanya bermodal ngomong saja tapi jangan salah itu semua juga butuh energi bagi yang mangajar sedangkan yang ke pasar butuh kesabaran harus berjalan beberapa kilo dengan kondisi jalan berbatu-batu.

Pasukan mengajar dan pasukan dari pasar telah tiba di posko masing-masing itu artinya waktunya istirahat “itupun istirahatnya sebentar”. Untuk menganjal makan siang biasanya beli di pasar atau kadang dapat konsumsi dari sekolah atau kalau tidak y... rujakan seadanya.

Rujakan di sana laok waru pamekasan
Arojek sareng ca kanca

Waktu menunjukkan 15.00 wib berarti waktu untuk mengadakan pelatihan komputer dimulai dan sebagian cewek masak lagi (kalau dipikir-pikir kasian cewek tiap hari masak dua kali itu pun gak di bayar 😀 ). Setelah semua itu usai baik itu yang mengajar atau yang masak melakukan persiapan sholat berjama’ah di mesjid yang dengan imam Ust Abu Bakar sambil “diobraki” Mas Ali yang setia menemani salama satu bulan.

Pemberantasan buta aksara di sana laok waru pamekasan
Pemberantasan buta aksara

Malam telah datang tim pemberantasan aksara yang dipimpin oleh erwin dan koordes hasan berangkat menuju lokasi pedalaman kampung. Untuk mencapaikampung itu harus melewati lembah menaiki gunung dengan jalan setapak, belum lagi jerit-jeritan cewek seperti ketika jalan-jalan malam ospek sambil di bentak-bentak komdisnya 🙂 , setelah usai dari pemberantasan buta aksara biasanya para cowok-cowok masih lapar lagi dikarenakan melewati lembah dan menaiki gunung 😀 maaakaaaaaaan………..

kenyang setelah makan alangkah baiknya duduk-duduk dulu agar makanan menjadi daging tidak menjadi lemak tapi kebiasaan si dika memulai buka kartu dengan mengajak guru matematika entah belajar menghitung atau belajar yang lain 😀 “seng penting mangan turu ngopi….:)”

di sana laok waru pamekasan

Tidak baik /tercela....tercela...tercela/

begitulah keseharian mahasiswa-mahasiswa kkn di samping itu masih ada kegiatan atau program kerja mingguan

  • Pelatiahan guru

Melatih menjadi guru menjadi guru profesional

pelatihan guru di sana laok waru pamekasan
pelatihan guru di sana laok waru pamekasan
  • Pembuatan pupuk kompos

Melatih dan menjadikan petani warga sana laok waru pamekasan menjadi petani mandiri

Pembutan pupuk kompos di sana laok waru pamekasan
Pembutan pupuk kompos
  • Papanisasi

Membuat petunjuk arah desa sana laok

papanisasi di sana laok waru pamekasan

papanisasi

  • Latihan Upacara

Melatih siswa bisa upacara baik dan benar 😀

latihan upacara di sana laok waru pamekasan

latihan upacara

  • Pemberantasan putus sekolah dan memberi motivasi
Nonton barang satu desa di sana laok waru pamekasan

Nonton barang satu desa di sana laok waru pamekasan

dan masih banyak kenangan-kenangan masa KKN. Banyak yang bilang KKN “enak dikenang tapi gak enak diulang” dan pesan untuk teman-teman kkn yang  mungkin sekarang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing atau sibuk dengan skripsi semoga amal bakti kita waktu kkn bermanfaat baik diri kita maupun untuk warga desa setempat, terima kasih untuk pak kades dan pak abu bakar tidak lupa dengan mas ali dan ibu yang punya rumah ibu marni dan warga sekitar atas segalanya yang telah di berikan di Desa Sana Laok kepada kami. Maafkan kami mungkin banyak tingkah laku atau kata-kata yang menyinggung.

Kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan
KKN 2010 kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan

Sekolah-sekolah yang lagi menunggu kalian datang 😀

Kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan
madrasah ibtidaiyah Kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan
foto bareng di madrasah Kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan
foto bareng di madrasah Kelompok dua desa di sana laok waru pamekasan

 

 

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    indah5 years ago

    wah q keren banget yang kepasar meskipun lum mandi

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hahahaha…
      sa biasa bei rapah 😀

      Reply
    • author

      upi5 years ago

      owalah dirimu towh mbk in……. 😀

      Reply
      • author
        Author

        fazza5 years ago

        hehehehe

        Reply
  2. author

    CitraTrisna5 years ago

    nice, kita akan sama-sama merindukan.
    hari ini, esok, selamanya.

    keep writing.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      thanks kunjungannya bro 🙂

      Reply
  3. author

    Citra5 years ago

    oke cuy

    Reply

Leave a reply "Kenangan KKN 2010 di Desa Sana Laok Waru Pamekasan"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.