Istilah Carok Bagi Orang Madura

6 comments 3328 views

sakeraCarok adalah bahasanya orang madura yang lagi bertengkar atau berselisih paham, masalah seperti itu ada 2 nama yang pertama 'a tokar' orang yang berkelahi tanpa senjata dan 'a carok' orang yang bertengkar menggunakan clurit sebenarnya carok bukannya kebudayaan orang madura melainkan hanya sebuah nama orang yang lagi berkelahi menggunakan celurit, sedangkan terjadinya carok karena salah satu sifat orang madura yang keras, kenapa orang madura keras karena dia sangat berkorban untuk hidup, jika ada di gunung susah untuk mendapatkan air bersih kalau di daerah pesisir susah mencari air tawar salah satu hal-hal tersebutlah orang madura sifatnya keras.

Sifat orang madura kebanyakan mempunyai sifat malu tapi jangan sampai di perlukan karena jika sampai di permalukan taruhannya nyawa istilahnya 'lebih baik putih mata daripada putih tulang' yang artinya dari pada hidup menanggung malu (putih mata) lebih baik mati (putih tulang). Kalau jaman dulu setiap harinya ada laporan carok di kepolisian hampir 10 orang yang melakukannya tapi jaman sekarang mulai agak berkurang entah karena tidak ada laporan atau memang sudah berkurang :).

Penyebab terjadinya carok biasanya ada beberapa masalah yang pertama biasanya karena masalah perempuan (menggoda perasaan istri orang), irigasi air (tidak keadilan pembagian air di sawah) dan faktor niaga (jual/beli di pasar) untuk melakukan carok ada dua cara yaitu carok yang di rencanakan dan carok secara langsung kalau secara langsung biasanya tidak sampai terbunuh karena kebanyakan orang madura yang tinggal di kota sekarang jarang membawa senjata tetapi kalau orang di desa setiap saat dia pasti bawa senjata (celurit), sedangkan carok yang di rencanakan carok yang sengaja menantang untuk mempertahankan harga dirinya biasanya kalau sudah di rencanakan akan banyak masalah yang dibawa apalagi sampai antara kelompok blater.

Mungkin seperti itulah sedikit tentang ulasan tentang carok yang di peroleh dari budayawan madura dalam acara #otema (obrolan tentang madura) plat-m ( komunitas blogger madura ) pertama dan team nyapsab.org waktu kemaren jika ada yang salah atau berbeda pendapat yang beribu-ribu maaf :D.

istilah carok plat-m

#otema plat-m

istilah carok plat-m

#otema Pertama Plat-m

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    Wahyu Alam5 years ago

    Wah, ternyata carok itu bukan budaya dan istilah yang menarik ya! sebenarnya Madura itu bukan Carok yak?

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      kurang lebih seperti itu πŸ™‚

      Reply
  2. author

    rotyyu5 years ago

    Daripada diberi nama Otema apa tidak lebih baik pake nama Acaca saja?

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hemmm….kemaren udah di setujui πŸ˜€

      Reply
      • author

        rotyyu5 years ago

        Nama kan bisa diganti, toh ini bukan urusan negara yg harus minta persetujuan DPR. Sekali-kali ga usah ikut tren kan gpp, masa mau seragam melulu ma org Jawa??

        Reply
  3. author

    Asmara Susanto5 years ago

    istilah itu menjadi trand bukan saja dikalangan madura bahkan sampe k luar jawa πŸ˜€

    Reply

Leave a reply "Istilah Carok Bagi Orang Madura"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.