Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

39 comments 16999 views

Disabilitas dan pandangan masyarakat merupakan bagian dari rasa empati seseorang terhadap para penyandang disabilitas, ketika seseorang itu mampu merasakan betapa susahnya mereka, membayangkan betapa besar kekuatan hati mereka dalam mempertahankan hidup. Bahkan bukan hanya itu, para penyandang disabilitas juga sangat berupaya untuk bisa memaksimalkan potensi mereka di balik keterbatasan yang mereka miliki.

Disabilitas-dan-Pandangan-Masyarakat
Disabilitas-dan-Pandangan-Masyarakat *1

Itu hanya sedikit intipan dari status penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat, namun masih banyak hal dan ibroh lain yang bisa kita ambil dari penyandang disabilitas Salah satunya adalah Prestasi-prestasi besar yang senantiasa mereka dapatkan dengan susah payah tapi bermakna dalam.

Sungguh maha besar Allah yang telah menimpakan potensi-potensi super kepada hambanya. Meski kebanyakan dari kita sebagai hamba yang normal diberikan karunia keutuhan fisik masih saja mengeluh dengan nikmat_Nya apalagi nikmat yang berupa kesulitan, keterbatasan, ujian dan cobaan. Pantaskah kita berkeluh demikian…..? sungguh tak pantas, tentunya dengan mengemukakan segudang alasan yang terserak dimuka bumi ini dari alasan yang sepele sampai alasan yang kuat, dari hal yang terkecil sampai pada kebesaran nikmat yang ada. Karena seharusnya, jika kita memang ingin menjadi hamba yang bersyukur pastikah alasan-alasan itu dapat menggaris bawahisegala bentuk keluh kesah yang akan dimuntahkan.

Barangkali jika dibandingkan dengan penyandang disabilitas, kita malah berada jauh di belakang mereka menurut asumsi dan persepsi positif masyarakat, namun sekarang kita nggak usah takut lagi dengan kemungkinan munculnya persepsi di masyarakat, karena mereka akan memandang sama baik dari sudut pandang status psikis maupun fisik nampaknya akan lebih objektif, karena setiap manusia yang memiliki potensi fisik yang memadai jika tidak seimbang dengan potensi psikis, maka itu sama juga dengan orang yang tidak memanfaatkan potensi-potensinya dan bersyukur, yang artinya orang normal yang tidak mau berusaha hanya berhenti pada apa yang sudah dimiliki saja, Tidak mau menggali lebih dalam potensi yang ada pada diri mereka, maka itu sama aja bohong.

Sebaliknya sangat berbeda jauh dengan orang yang mempunyai disabilitas fisik pada bagian tubuhnya namun mereka memiliki semangat yang sangat tinggi dalam menggapai mimpi mereka. Hal inilah yang mampu menjadi cerminan positif untuk memancing semangat seluruh komponen baik penyandang disabilitas maupun orang normal.Sebenarnya penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat lebih condong kepada rasa empati. Rasa empati ini menjadi wujud kepedulian bersama, bahwa ternyata penyandang disabilitas ini perlu diperhatikan.

Nampaknya tidak hanya pihak atau unsure dari masyarakat yang bisa memberikan perhatian penuh, akan tetapi peran atau perhatian pemerintah sangat diharapkan juga. Adapun perhatian pemerintah juga membutuhkan alat atau washilah salah satunya adalah media. Di sini media menjadi sarana untuk mensosialiasikan para penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat atas segala potensi yang mereka miliki agar mereka tetap percaya diri di masyarakat. Sama halnya dengan transformasi tentang pengembangan bakat yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Harapan dan opini mengenai peranan situs kartunet.com sebagai media sosialisasi isu-isu disabilitas untuk membentuk masyarakat inklusif

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Dengan adanya situs kartunet.com media penyedia layanan informasi, penyandang disabilitas nampaknya semakin bisa mengepakkan sayapnya di kancah dunia. Mereka dapat secara bebas dan terbuka mengekspresikan kemampuan, bakat dan potensinya. Ini berarti, dunia para penyandang disabilitas mulai dapat dilihat di mata dunia.

Detik-detik kesempatan untuk mewujudkan sebuah tatanan masyarakat yang inklusif akan segera dimulai. Masyarakat inklusif yang dimaksud di sini adalah masyarakat yang senantiasa terbuka, bisa menerima masukan, kritik dan saran, memberi kontribusi dan bantuan tanpa memandang dari siapa ia menerima dan kepada siapa ia memberi. Begitu juga dengan kita ataupun penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat harus bertindak sewajarnya. Komunikasi dan interaksi berlaku untuk yang normal maupun yang tidak normal. Masyarakat yang inklusif dapat diwujudkan dengan saling bantu-membantu dalam hal kebaikan, dan saling mendukung.

Selanjutnya ketika kita merefleksi kepada kalamullah sang kitab suci yang di dalamnya terdapat statement bahwa derajat manusia itu sama dimata Tuhannya yang membedakan adalah dari sisi ketakwaannya. Inipun semakin menguatkan eksistensi para penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat. Pengakuan yang serupa juga dikemukakan oleh Undang-Undang tentang hak asasi manusia. Sebenarnya tak ada yang bisa kita salahkan dalam hal ini ketika memang kita menjumpai ketidaknormalan atau disabilitas seseorang karena itu merupakan salah satu bukti kebesaran dan alasan tuhan kepada hamba_Nya. Dengan demikian marilah kita akui bersama dan perhatikan saudara-saudara kita itu. Agar mereka tidak menjadi manusia minder hanya karena malu, agar mereka tidak menelan potensi mereka hanya karena tidak berani memuntahkan dan mengembangkannya. Bahkan di sini harapan kami semua seharusnya kartunet.com memfasilitasi dalam hal apapun untuk kepentingan kemajuan mereka dan sebagian besar sudah dilaksanakan oleh kartunet.com. Kita tidak bisa membatasi maupun melarang mereka untuk berkarya, sebaliknya kita harus mendorong mereka untuk giat berlatih.Perlu diingat semangat besar akan melahirkan karya-karya besar. Tentunya diimbangi dengan ketulusan dan do’a untuk menjalankannya.

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Disabilitas-dan-Pandangan-Masyarakat *2

Sebuah langkah estafet dari rasa empati yaitu melakukan pendekatan kepada mereka. Dengan cara mengikuti aktivitas yang mereka lakukan ataupun dengan cara yang lain. Yaitu dengan kita menjadi guru mereka dan sahabat bagi mereka. Hal ini akan sedikit membuka celah semangat baru bagi kehidupan mereka. Karena dengan kita mau merangkul dan memeluknya, mereka akn merasa hangat dan bahagia bergaul dengan kita yang notabenenya adalah orang-orang normal tidak seperti mereka.

Yang sebelumnya kentara antara titik keterbatasan dan kelebihan, antara comfortable dan keminderan mereka. Ini akan semakin bagus demi kemajuan dan kemudahan inklusifitas kehidupan mereka ke depan.

Sekali lagi opini dan harapan tentang disabilitas dan pandangan masyarakat yang tertuang dalam benak kita adalah agar masyarakat disabilitas membuka kunci untuk menuju kehidupan yang inklusif agar dapat beradaptasi dengan saudara-saudara normal lain. Tidak hanya ditujukan oleh penyandang disabilitas tapi juga kepada masayarakat yang lain terutama pemerintah dan media untuk memperhatikan mereka dengan bentuk dorongan dan fasilitas sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka.

*1= gambar dari http://dprd.banyumaskab.go.id

*2 = gambar dari http://s3.amazonaws.com

Disabilitas dan pandangan masyaraka

by : Nurul

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    SlameTux17 years ago

    mudah-mudahan dengan adanya lomba / kontes seperti ini bisa meningkatkan kesejahteraan para disabilitas dalam pandangan masyarakat luas

    Reply
    • author

      fazza5 years ago

      aamiin…
      lebih jelasnya agar para disabilitas tidak minder dan mengkotak-kotakan dunia ini
      karena manusia di dunia di ciptakan sempurna

      Reply
  2. author

    SlameTux5 years ago

    semangat hidup dan perjuangannya tidak kalah bahkan melebihi manusia yang normal. saya sangat kagum terhadap perjuangan dan semangatnya itu untuk berkarya.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hehehe…
      jangan mau kalah bro…
      smangat…

      Reply
  3. author

    Muslih215 years ago

    Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

    Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

    Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat Disabilitas dan Pandangan Masyarakat untuk sekarang ini?

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      terima kasih juga atas komentarnya…
      semoga semakin banyak orang-orang yang peduli dengan orang-orang yang disabilitas…

      Reply
  4. author

    Rahmah5 years ago

    Nice article…
    Membuka wawasan saya
    salam kenal juga πŸ˜€

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      terima kasih bu atas komentarnya…
      salam kenal balik…
      saya masih mencoba-coba saja
      semoga sukses untuk kita semua
      aamiin…

      Reply
  5. author

    Firman Way5 years ago

    semoga kontenya menang gan,…

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      aamiin
      terima kasih kawan semoga sukses juga buat firman menang konten dan seonya
      terima kasih juga sudah mampir di blog saya πŸ™‚

      Reply
  6. author

    SlameTux5 years ago

    iya mas saya masih tetap semangat didalam berkarya… (^_^)

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hehehehe….
      selalu bekarya walapun masih belum punya laptop sendiri mereka saja yang Disabilitas dan pandangan masyarakat masih bisa berkarya so…
      masih ada pc lab πŸ™‚
      semangat kawan πŸ˜€

      Reply
  7. author

    tyas5 years ago

    bisa jadi motivasi untuk semua,, πŸ™‚

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      aamiin…
      terima kasih atas kedatanganya semoga gak kapok πŸ˜›
      dungaren mau komentar ndok_tyas πŸ™‚

      Reply
  8. author

    loewyi5 years ago

    salute dengan orang2 yang bisa dikatakan tidak normal namun memiliki semangat yang kuat.

    apa tidak malu bagi kita yang merasa normal ketika melihat orang dengan keterbatasan tertentu namun masih tetap semangat. terkadang kita terlalu mendiskriminan mereka hanya karna keterbatasan mereka.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      selalu berkarya tanpa henti kawan…
      semangat dan usaha…
      mereka yang Disabilitas dan pandangan masyarakat seperti itu bisa, pasti kita juga bisa
      terima kasih lukman atas kata-kata semangatnya…
      indonesia bisa πŸ™‚

      Reply
  9. author

    dicka-berbagi5 years ago

    banyak diluar sana yang sempurna fisik tp memiliki disabilitas pada otaknya, lihat saja yg korupsi, pembunuh dll… itulah yg pantas di berikan gelar disabilitas

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hehehehe….
      salam kenal mas dicka..
      terima kasih sudah mampir disini
      memang seperti itulah warna-warni dunia πŸ™‚

      Reply
  10. author

    TreTans.com5 years ago

    Moga menang Omm.. πŸ˜‰

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      terima kasih atas partisipasinya πŸ˜€

      Reply
  11. author

    fennypotter5 years ago

    semangka… πŸ˜›

    Reply
  12. author

    AGuNk Blog5 years ago

    janganlah kita memandang sebelah mata sseorang,
    berkacalah pada diri sendiri sbelum kita menilai orang lain..

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      seep….
      tuhan menciptakan manusia sudah sempurna tidak ada kekurangan bahkan di beri kelebihan…
      terima kasih sudah mampir di coretan saya…
      salam kenal πŸ˜€

      Reply
  13. author

    Tongkonanku5 years ago

    Ngomong2 soal Disabilitas, saya jadi ingat dengan event para games 2011 di Kota Solo, yg akan mulai tanggal 12 bulan ini. Event ini adalah sebuah kompetisi olah raga se-ASEAN khusus bagi para penyandang disabilitas.

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      hehehe iya mas kalau gak salah acaranya pak joko wi
      acara memang keren mas…
      salam kenal yah

      Reply
  14. author

    Andi5 years ago

    tulisan keren gan, ditunggu kunjungannya

    Reply
    • author
      Author

      fazza5 years ago

      terima kasih atas kunjungannya…
      salam kenal mas andi

      Reply
  15. author

    loewyi5 years ago

    mampir lagi mas…. πŸ˜€

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      monggo….:D

      Reply
  16. author

    API5 years ago

    disabilitas sesungguhnya adalah malas yg patut kita waspadai. perangi!!

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      maksudnya seperti apa ini mas…
      sebelumnya terima kasih sudah datang disni

      Reply
  17. author

    ilhamsk5 years ago

    selamat gan, masuk urutan 50 teratas kontes kartunet.
    good luck yah! πŸ™‚

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      makasih mas sampean juga
      sukses selalu…
      salam kenal

      Reply
  18. author

    cauza5 years ago

    siip…

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      terima kasih mas atas kedatangannya di blog saya,,,
      theme-theme yang di buat mas cauza di lokomedia bagus2…
      makasih udah di share πŸ˜€

      Reply
  19. author

    cauza5 years ago

    tulisan yang menggugah, semoga menang mas…!

    Reply
    • author
      Author

      fazza17 years ago

      terima kasih mas cauza..
      semoga bermanfaat untuk kita semua πŸ˜€

      Reply
  20. author

    shireishou5 years ago

    Wow keren skali artikelnya
    Aku ada 1 kenalan. Tuna netra. tp bs menjadi manager di sebuah perusahaan gitu. keren

    Reply

Leave a reply "Disabilitas dan Pandangan Masyarakat"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.