Cara Membuat VPN Server di Mikrotik

1 comment 1561 views

Cara membuat vpn di mikrotik atau setting istilah teknisnya kalau di mikrotik tinggal klik dan klik tapi sebelum masuk step by step membuat vpn di mikrotik mari kita pahami konsep vpn, apa saja yang ada di layanan vpn, pengertian vpn dan sebagainya, kalau berdasarkan wiki vpn itu :

Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of [a] private Wide Area Network(WAN) using shared or public IP facilities, such as the Internet or private IP backbones.VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.

VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data

Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN Membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini

internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client

bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini: Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B

Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.

Untuk lebih jelasnya buka di wiki menurut versi wiki mudah di pahami dan di mengerti, kalau step by stepnya membuat VPN server di mikrotik berikut tahapan yang harus di lakukan :
masuk winbox dan tutup semua window yang ada  pilih dan klik PPP
Cara Membuat VPN Server di Mikrotik | Cara Setting VPN
setelah itu masuk di interface pilih PPTP server di bawahnya lalu aktifkan (enable) seperti gambar berikut ini
Cara Membuat VPN Server di Mikrotik | Cara Setting VPN mikrotik
Setelah PPTP server di aktifkan selanjutnya membuat user dan password untuk koneksi di sisi klient dengan cara masuk di tab secrets dan pilih plus +
VPN di mikrotik
Masukan nama vpn servernya beserta passwordnya seperti gambar di atas dan untuk local address isikan ip lokal yang kosong atau ip yang tidak di gunakan untuk mengeceknya ping saja kalau keluar RTO berarti ip tersebut tidak di gunakan.
Ok selesai jangan lupa klik tombol apply selanjutnya tinggal setting di bagian klient.
author
Untuk saat ini belajar SEO | Blogger | Linuxer | Satpam jaringan | Pecandu sosial media | Pencinta kuliner, Siap keliling dunia :)

Leave a reply "Cara Membuat VPN Server di Mikrotik"


1 + 3 =