BCL (Basic Command Line)

2 comments 1924 views

Perintah top digunakan untuk melihat proses-proses penting yang sedang dikerjakan oleh CPU. Jika proses top dijalankan tidak dengan cara di belakang layar, maka user tidak dapat mengerjakan perintah yang lain karena perintah ini akan dikerjakan secara terus menerus oleh CPU. Bentuk tampilan yang muncul dilayar jika menggunakan perintah top adalah sebagai berikut

Basic Command Line

untuk mengetahui status memori tekan q untuk quit

~$ grep

Fungsi : mencari isi suatu file disembarang directory, Format : grep-n 'nama-file' di-directory, Keterangan : grep akan memberikan suatu variable dalam suatu baris tertentu,didalam sembarang directory pada semua file. Grep sangat berguna untuk menemukan kata tertentu dalam beberapa dokumen atau mencari adanya sebuah variable dalam sekelompok program.Misalnya:

Basic Command Line 2

~$ cat

cat untuk melihat isi dari suatu file text, Fungsi : menampilkan isi sebuah file (sama dengan perintah TYPE pada DOS ) Cat berfungsi untuk mencetak ke layar moniotor isi dari sebuah file text. Jika file yang dilihat menggunakan perintah ini bukan file text maka akan keluar karakterkarakter aneh pada layar. Untuk menghindari tercetakknya karakter-karakter aneh tersebut dapat digunakan perintah cat -v contoh

Basic Command Line3

  • Jelaskan alasan pembuatan & penghentian suatu proses!

Pembuatan proses:

Penyebab terjadinya pembuatan suatu proses baru yaitu;

  1. Pada lingkungan batch, sebagai tanggapan atas pemberian suatu kerja (job)
  2. Pada lingkungan interaktif, ketika pemakai baru berusaha logon
  3. Sebagai tanggapan suatu aplikasi, seperti permintaan pencetakan file, SO dapat menciptakan proses yang akan mengelola pencetakan itu
  4. Proses menciptakan proses lain (child).
  • Proses yang menciptakan child process disebut proses induk (parent process)
  • Child process dapat menciptakan proses baru.
  • Proses-proses dapat membentuk pohon hirarki proses

Langkah-langkah dalam pembuatan proses, antara lain :

  • Memberi identitas (nama) pada proses yang dibuat.
  • Menyisipkan proses pada list proses atau tabel proses.

  • Menentukan prioritas awal proses.
  • Membuat PCB.
  • Mengalokasikan resource awal bagi proses tersebut.

Penghentian Proses

Suatu proses akan berhenti jika telah menyelesaikan pernyataan terakhir dan meminta pada sistem operasi untuk menghapusnya dengan menggunakan system call exit. Proses mengembalikan semua data (output) ke parent proses melalui system call wait. Kemudian proses akan dihapus dari list atau tabel system dilanjutkan dengan menghapus PCB.

Penghapusan proses ini akan menjadi sangat kompleks jika ternyata proses yang akan dihentikan tersebut membuat proses-proses yang lain. Pada beberapa system proses-proses anak akan dihentikan secara otomatis jika proses induknya berhenti. Namun ada beberapa sistem yang menganggap bahwa proses anak ini terpisah dengan induknya, sehingga proses anak tidak ikut dihentikan secara otomatis pada saat proses induk dihentikan.

Alasan lain Penyebab terjadinya penghentian suatu proses:

  1. Apabila Proses selesai mengerjakan tugasnya(selesai normal)
  2. Apabila Proses berjalan melebihi batas waktu
  3. Jika memory tidak tersedia
  4. Pelanggaran terhdap batas memori
  5. Terjadi kesalahan karena pelanggaran proteksi
  6. Terjadi kesalahan perhitungan
  7. Jika terjadi proses menunggu terlalu lama
  8. Terjadi kegagalan I/O
  9. Jika proses mengeksekusi instruksi yang tidak ada
  10. Proses menggunakan instruksi yang disimpan untuk SO
  11. Terjadi kesalahan penggunaan data
  12. Terjadi intervensi dari operator atau SO (contoh : deadlock)
  13. Jika proses induk berahir
  14. Yang terakhir atas permintaan proses induk

  • Jelaskan tentang model proses lima status beserta kemungkinan transisinya!

Model proses lima status diantaranya adalah

  • New adalah Proses sedang dikerjakan/dibuat.
  • Running adalah Instruksi sednag dikerjakan.
  • Waiting adalah Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/signal).
  • Ready adalah Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor.
  • Terminated adalah Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/mengeksekusi.

Keadaan diagram yang berkaitan dangan keadaan tersebut dijelaskan pada gambar dibawah ini :

5

Gambar diatas menunjukkan kemungkinan terjadinya proses transisi diantaranya sebagai berikut:

  • Null -New : Sebuah proses baru yang dibuat untuk menjalankan sebuah event terjadi program
  • New -Ready : proses akan berpindah ke tempat yang baru siap ketika sudah siap untuk melakukan proses tambahan. Kebanyakan sistem menetapkan beberapa batas berdasarkan jumlah proses yang ada atau jumlah memori virtual berkomitmen untuk proses yang ada.
  • Ready - Running : Ketika waktu untuk memilih menjalankan proses OS memilih salah satu proses di siap state. Pekerjaan ini yang menjadwal atau memberangkatkan.
  • Running -Exit : proses yang sedang berjalan diakhiri oleh OS jika proses menunjukkan bahwa ia telah selesai atau jika aborts.
  • Running - Ready :alasan yang paling umum untuk transisi ini adalah proses yang berjalan telah mencapai batas maksimum yang diijinkan untuk terganggu waktu pelaksanaan hampir semua sistem operasi multiprogramming menentukan jenis waktu yang tepat.
  • Running -Blocked : Sebuah proses diletakkan di Diblokir jika permintaan sesuatu yang harus menunggu. Permintaan untuk OS biasanya dalam bentuk sistem layanan panggilan yaitu panggilan dari program untuk menjalankan prosedur yang merupakan bagian dari sistem operasi kode.
  • Blocked -Ready : Sebuah proses blokir tersebut akan dipindahkan yang Siap saat acara yang telah menunggu terjadi.
  • Ready -Exit : Untuk jelasnya, transisi ini tidak akan ditampilkan pada diagram . Dalam beberapa sistem induk dapat proses setiap saat Juga jika induk terminates dihentikan maka semua proses yang terkait dengan induk tersebut akan dihentikan.
  • Blocked - Exit : Komentar di bawah item sebelumnya berlaku.

  • Mengikuti soal sebelumnya, tetapi pada kehadiran dua status suspended.

6

  • Blocked -Blocked/Suspend : Jika tidak ada proses siap maka setidaknya satu diblokir proses swapped keluar untuk memberikan ruang bagi proses lain yang tidak diblokir. Transisi ini dapat dilakukan meskipun ada proses siap tersedia jika OS menentukan bahwa proses yang sedang berjalan atau siap proses yang ingin dispatch memerlukan memori lebih utama untuk mempertahankan performa yang memadai.
  • Blocked/Suspend -Ready/Suspend : Sebuah proses dalam Diblokir / Suspend negara tersebut akan dipindahkan ke Siap / Suspend saat acara yang telah menunggu terjadi. Perlu diketahui bahwa yang memerlukan informasi mengenai proses harus ditangguhkan diakses OS.
  • Ready/Suspend - Ready : Bila tidak ada siap proses di memori utama OS perlu membawa satu untuk melanjutkan eksekusi. Selain itu mungkin dengan kasus yang di proses Siap / Suspend negara memiliki prioritas lebih besar dari salah satu proses di Siap negara.
  • Ready -Ready/Suspend: Biasanya OS memilih untuk menunda proses yang diblokir daripada satu siap karena proses siap sekarang dapat dijalankan sedangkan yang diblokir adalah proses mengambil atas ruang memori utama dan tidak dapat dijalankan. Namun mungkin perlu menangguhkan yang siap jika proses yang satu-satunya cara untuk membebaskan yang cukup besar blok utama memory.
  • New - Ready/Suspend and New - Ready : Ketika sebuah proses baru dibuat maka dapat ditambahkan ke antrian Siap atau Siap / Suspend antrian. Dalam kedua kasus sistem operasi harus membuat proses kontrol blok dan mengalokasikan ruang alamat untuk proses.
  • Blocked/Suspend -Blocked : Pencantuman ini tampaknya transisi jika proses belum siap untuk dijalankan dan belum di utama memori tetapi mempertimbangkan skenario berikut Sebuah proses terminates freeing beberapa memory.memory utama akan memproses dalam (Diblokir / Suspend) antrian dengan prioritas yang lebih tinggi daripada salah satu dalam proses (Ready / Suspend) antrian dan OS memiliki alasan percaya bahwa memblokir kegiatan untuk proses yang akan terjadi segera. Berdasarkan kondisi ini akan tampak masuk akal untuk membawa ke dalam proses yang diblokir memori utama dalam preferensi yang siap untuk proses.
  • Running - Ready/Suspend:Biasanya yang menjalankan proses tersebut akan dipindahkan ke negara Siap jika alokasi waktu berakhir. Namun jika OS memproses yang lebih tinggi karena prioritas pada proses Diblokir / Suspend antrian menjadi baru saja dibuka, OS dapat memindahkan menjalankan proses langsung ke (Siap / Suspend) dan bebas antrian beberapa memori utama.
  • Any State - Exit: Biasanya, proses terminates ketika sedang berjalan baik karena telah selesai atau karena kondisi beberapa kesalahan fatal. Namun, dalam beberapa sistem operasi suatu proses dapat dihentikan oleh proses yang menciptakan.
  • Jelaskan elemen-elemen dari Process Control Block (PCB)!

Process Control Back

Process Control Back adalah informasi-informasi lain yang diperlukan SO untuk mengendalikan dan koordinasi beragam proses aktif, termasuk ini:

  • Keadaan proses: Keadaan mungkin, new ,ready ,running, waiting, halted, dan juga banyak lagi.
  • Program counter: Counter mengindikasikan address dari perintah selanjutnya untuk dijalankan untuk ditambah code information pada kondisi apapun. Besertaan dengan program counter, keadaan/ status informasi harus disimpan ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan/bekerja dengan benar setelahnya.
  • Informasi manajemen memori: Informasi ini dapat termasuk suatu informasi sebagai nilai dari dasardan batas register. tabel page/ halaman, atau tabel segmen tergantung pada sistem memori yangdigunakan oleh sistem operasi (ch 9).
  • Informasi pencatatan: Informasi ini termasuk jumlah dari CPU dan waktu riil yang digunakan bataswaktu, jumlah akun, jumlah job atau proses, dan banyak lagi.
  • Informasi status I/O: Informasi termasuk daftar dari perangkat I/O yang di gunakan pada proses ini,suatu daftar open file dan banyak lagi.
  • PCB hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan/gudang untuk informasi apapun yang dapatbervariasi dari prose ke proses.proses ini.
  • CPU register: Register bervariasi dalam jumlah dan jenis, tergantung pada rancangan komputer.Register tersebut termasuk accumulator, index register, stack pointer, general-puposes register,

Element-elemen PCB antara lain:

  1. Identifikasi Proses yaitu Identifier numerik yang meliputi
    • Identifier proses
    • Identifier proses yang menciptakan
    • Identifier pemakai
  1. Informasi Status Pemroses yang meliputi
  • Register-register yang terlihat pemakai yaitu Register-register yang dapat ditunjuk instruksi bahasa assembly untuk diproses pemroses
  • Register-register kendali dan status yaitu Register-register yang digunakan untuk mengendalikan operasi pemroses, a.l.:
    1. Program counter
    2. PSW, dsb.
  • Pointer stack yaitu Tiap proses mempunyai satu stack atau lebih. Stack digunakan untuk parameter atau alamat prosedur pemanggil dan system call. Pointer stack menunjuk posisi paling atas dari stack
  1. Informasi Kendali Pemroses meliputi
  • Informasi penjadwalan dan status yaitu Informasi-informasi yang dipakai untuk menjalankan fungsi penjadwalan a.l :
    1. Status proses. Mendefinisikan status proses (running,ready,block, dsb)
    2. Prioritas. Menjelaskan prioritas proses
    3. Informasi berkaitan penjadwalan. Informasi ini seperti lama menunggu, lama proses terakhir dieksekusi dsb.
    4. Kejadian (Event). Identitas kejadian yang ditunggu proses
  • Penstrukturan data yaitu Suatu proses dapat dikaitkan dengan proses lain dalam satu antrian atau ring, atau struktur lainnya. PCB harus memiliki pointer untuk mendukung struktur ini.
  • Komunikasi antar proses yaitu Beragam flag, sinyal dan pesan dapat diasosiasikan dengan komunikasi antara dua proses yang terpisah. Informasi ini disimpan dalam PCB
  • Kewenangan proses yaitu Proses dapat mempunyai kewenangan berkaitan dengan memori dan tipe instruksi yang dapat dijalankan
  • Manajemen memori Bagian ini berisi pointer ke tabel segmen atau page yang menyatakan memori virtual proses
  • Kepemilikan dan utilisasi sumber daya yaitu Sumber daya yang dikendalikan proses harus diberi tanda, misalnya :
    1. Berkas yang dibuka
    2. Pemakaian pemroses
    3. Pemakaian sumberdaya lainnya

Informasi ini diperlukan oleh penjadwal

author
Linuxer | Blogger | Pencinta Kuliner | Suka Jalan2 | Pecandu sosial media
  1. author

    shinigami7 years ago

    thanks ya buat plat-M,,
    karena posting masalah sistem operasi diatas tugas saya menjadi lebih ringan dalam pengerjaannya.

    Reply
    • author

      fazza017 years ago

      Ok semangat…..

      Reply

Leave a reply "BCL (Basic Command Line)"

______Anti Spam____ * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.