Arek Lancor Pamekasan Madura

 Journey

Arek Lancor Pamekasan terdapat tepat tengah alun-alun kabupaten pamekasan madura, pamekasan sendiri mempunya banyak kuliner dan khas yang ada di madura. Kabupaten pamekasan ini terletak di tengah-tengah pulau madura di antara kabupaten bangkalan,sampang dan sumenep. letak yang strategis untuk para wisatawan menginap atau berkunjung di pulau madura ini.

arek lancor pamekasan

arek lancor pamekasan

menurut wikipedia sejarah kabupaten pamekasan ini seperti berikut

“Kabupaten Pamekasan lahir dari proses sejarah yang cukup panjang. Istilah Pamekasan sendiri baru dikenal pada sepertiga abad ke-16, ketika Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandilaras. Memang belum cukup bukti tertulis yang menyebutkan proses perpindahan pusat pemerintahan sehingga terjadi perubahan nama wilayah ini. Begitu juga munculnya sejarah pemerintahan di Pamekasan sangat jarang ditemukan bukti-bukti tertulis apalagi prasasti yang menjelaskan tentang kapan dan bagaimana keberadaannya.”

Selain letak strategis kabupaten pamekasan ini memiliki beberapa tarian khas madura seperti tari pecot,tari samper nyecceng,tari dhanggak,tari rondhing,tari mekar sareh,tari sekar kedaton,tari topeng gethak,gamelan tabuan kenek,Remo mekassan dan ada event yang tiap tahunya yang sangat terkenal yaitu semalam di madura dan festival lontar pamekasan. banyak yang mengartikan dari arek lancor ini contohnya ada yang mengartikan :

“monumen perjuangan yang merupakan tugu peringatan kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Bentuk monumen menggambarkan kobaran api nan tak kunjung padam yang terpencar dari perpaduan senjata tradisional rakyat Madura Arek Lancor sebagai lambang dinamika yang menyala-nyala dari pejuangnya.”

“Monumen Arek Lancor berdiri tegak diatas landasan yang kokoh melukiskan keteguhan dan kesiap-siagaan rakyat madura dalam menghadapi setiap tantangan.”

Kebenaran yang benar arti arek lancor pamekasan bisa di tanyakan lebih detail yang membuat dan pendiri arek lancor tersebut yang pasti kabupaten pamekasan layak untuk di kunjungi dan di nikmati oleh semua umat. bermula dari arek lancor terus musium arek lancor yang dekat dengan monumen arek lancor terus banyak pantai di kabupaten ini seperti Pantai Talang Siring, Kecamatan Montok,Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu, Pantai Batu Kerbuy, dan wisata religi di daerah pamekasan ini contoh di kecamatan propo ada makam batu ampar,  kalau suka dengan kuliner di arek lancor kabupaten pamekasan ini ada Sate Kambing Pamekasan, Sate Lalat atau Sate Laler, Kaldu Kokot, Kaldu Kikil, Rujak Cingur, Rawon, Soto Pamekasan, minuman Ta’al atau siwalan. sedangkan wisata yang layak di kunjungi di pamekasan adalah

  • Pantai Talang Siring, Kecamatan Montok
  • Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu
  • Pantai Batu Kerbuy
  • Api abadi Jangka
  • Makam Batuampar
  • Vihara Avalokitesara
  • Situs Pangeran Rangga Sukawati
  • Candi Burung, Kecamatan Proppo
  • Museum Daerah
  • Pasar Batik Joko Tole
  • Pasar 17 Agustus

sumber :

http://www.flickr.com/photos/aminfahas/5163321132/sizes/l/in/photostream/

http://www.karimatafm.com/news/detail/28/13/monumen-arek-lancor

http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pamekasan

Author: 

Untuk saat ini belajar SEO | Blogger | Linuxer | Satpam jaringan | Pecandu sosial media | Pencinta kuliner, Siap keliling dunia :)

Related Posts

4 Responses

  1. Wahyu AlamFebruary 20, 2012 at 3:22 pmReply

    wihihhihijihia….
    keren foto Arek Lancornya

  2. pyokFebruary 20, 2012 at 4:09 pmReply

    pertamax

    mantap bos,,,

  3. Len Jelen #5 di Arek Lancor Pamekasan | Blog Personal [Ahmad Faza]February 21, 2012 at 1:16 pmReply

    [...] Arek Lancor Pamekasan salah satu monumen yang terkenal di pamekasan, pamekasan adalah kota yang kaya dengan kuliner dan wisata. maka darinya komunitas blogger madura melanjutkan len jelen yang ke lima ke pamekasan setelah kota sampang dan bangkalan. awal yang di lakukan untuk mengunjungi kabupaten ini adalah berkunjung di area arek lancor dan musium setelah itu awal rencana akan berkunjung di batu ampar tapi karena cuaca yang tidak mendukung akhirnya berteduh di musim sampai waktu menunjukan 13.00 tidak terasa waktu berjalan cepat. [...]

  4. rudy hartonoMay 24, 2012 at 8:47 pmReply

    salam kenal dari bondowoso, kaso'on bisa nyapot tretan madure

Leave a Reply


− 4 = 2